DetikNews
Kamis 13 Desember 2018, 21:21 WIB

Tersisa Kabupaten Manggarai NTT yang Belum Tetapkan DPT Pemilu

Dwi Andayani - detikNews
Tersisa Kabupaten Manggarai NTT yang Belum Tetapkan DPT Pemilu Gedung KPU (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - KPU mempersiapkan penetapan daftar pemilih tetap hasil perbaikan ke-2 (DPTHP-2). KPU menyebut hanya Kabupaten Manggarai yang belum menetapkan DPT.

"Sampai malam ini tinggal Kabupaten Manggarai, NTT, yang belum menetapkan DPT," ujar komisioner KPU Viryan Aziz di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Viryan mengatakan Kabupaten Manggarai sedang melakukan verifikasi atas 22 ribu data pemilih yang direkomendasikan Bawaslu. Menurut Viryan, verifikasi ini dilakukan dengan cara pencocokan dan penelitian (coklit).





"Iya Manggarai, karena sebenarnya Kabupaten Manggarai melakukan rapat plenonya dua hari lalu, kemudian ada rekomendasi dari Bawaslu Manggarai kurang-lebih 22 ribu data pemilih yang diminta Bawaslu dilakukan verifikasi faktual kegiatan coklit," kata Viryan.

Namun Viryan mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, verifikasi ini sudah selesai dilakukan. Ditargetkan penetapan ini akan dilakukan besok.

"Ini sudah rampung tadi sore, tinggal rapat plenonya, paling lambat besok sudah selesai semua," tuturnya.





Sebelumnya, dari 514 wilayah, terdapat tiga kabupaten/kota yang belum melakukan penetapan DPT, yakni Kabupaten Kupang, Manggarai, dan Kota Semarang.

Namun Viryan mengatakan saat ini Kabupaten Kupang dan Kota Semarang telah selesai melakukan penetapan DPT. Sedangkan penetapan DPTHP-2 dijadwalkan dilakukan pada 15 Desember.

"Sudah Kupang dan Semarang, Semarang tadi malam sesuai dengan Provinsi Jateng," ujar Viryan.
(dwia/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed