detikNews
Kamis 13 Desember 2018, 18:04 WIB

KPK Angkat Topi ke PN Cibinong yang Tolak Gugatan Rp 3 T ke Pakar IPB

Haris Fadhil - detikNews
KPK Angkat Topi ke PN Cibinong yang Tolak Gugatan Rp 3 T ke Pakar IPB Wakil Ketua KPK Laode M Syarif (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pakar IPB Dr Basuki Wasis lolos dari gugatan terpidana korupsi Nur Alam. KPK pun mengapresiasi hakim yang mengadili gugatan itu.

"Saya pikir itu putusan yang sangat baik. Itu hanya di Indonesia lho, orang menggugat ahli," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (13/12/2018).

Syarif menilai ahli yang digugat perdata adalah sebuah keanehan. Padahal, menurut Syarif, ahli merupakan orang yang membantu proses hukum.




"Ahli itu dipakai untuk membantu pengadilan. Ternyata orang yang membantu pengadilan, membantu proses hukum digugat secara perdata, itu keanehan. Saya sangat apresiasi putusan hakim saat ini. Putusan itu juga menyatakan di masa yang akan datang tidak boleh lagi hal yang sama terjadi," ujar Syarif.

Basuki sebelumnya digugat Rp 3 triliun oleh Nur Alam. Nur Alam yang merupakan mantan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) menggugat Basuki karena tidak terima dengan pendapatnya sebagai ahli dalam persidangan. Akhirnya gugatan Nur Alam itu ditolak majelis hakim di Pengadilan Negeri Cibinong.

Majelis hakim menyatakan keterangan tertulis dan keterangan Basuki di persidangan adalah bagian dari rezim persidangan pidana, di mana hakim tidak terikat oleh keterangan tersebut. Di sisi lain, pengacara terdakwa juga diberi kesempatan seluas-luasnya membantah serta mengajukan ahli yang berbeda.
(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed