DetikNews
Kamis 13 Desember 2018, 16:54 WIB

Bupati Cianjur Ditahan KPK: Saya Lalai Awasi Aparat Pemkab

Haris Fadhil - detikNews
Bupati Cianjur Ditahan KPK: Saya Lalai Awasi Aparat Pemkab Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar ditahan KPK (Foto: Haris Fadhil/detikcom)
FOKUS BERITA: Bupati Cianjur Tersangka
Jakarta - Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar meminta maaf ke masyarakat Cianjur. Namun permintaan maafnya itu bukan karena menjadi tersangka KPK, melainkan Irvan merasa lalai mengawasi aparat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, lho kok?

Irvan awalnya terlihat telah mengenakan rompi tahanan KPK warna oranye. Irvan pun menyampaikan permintaan maafnya itu.

"Saya memohon maaf ke masyarakat Kabupaten Cianjur atas kelalaian saya mengawasi aparat Pemerintah Kabupaten Cianjur yang telah melanggar hukum," kata Irvan sebelum memasuki mobil tahanan yang mengantarnya ke rumah tahanan, Kamis (13/12/2018).

"Saya sebagai kepala daerah ikut bertanggung jawab. Semoga ke depan jadi pembelajaran bagi kita," imbuhnya.




Irvan telah dijerat KPK dengan sangkaan memangkas anggaran dana alokasi khusus (DAK) pendidikan yang diajukan untuk 200 sekolah di Kabupaten Cianjur. Dari sekitar 200 SMP yang mengajukan, alokasi DAK yang disetujui adalah untuk sekitar 140 SMP di Cianjur.

KPK pun sudah menjerat Irvan sebagai tersangka dengan dugaan menyunat anggaran DAK pendidikan yang totalnya Rp 46,8 miliar tersebut. Dia sebelumnya terjaring OTT KPK pada Rabu selepas subuh.

Selain Irvan, ada tiga tersangka lain yang dijerat yaitu Cecep Sobandi selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Rosidin selaku Kepala Bidang SMP di Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, dan Tubagus Cepy Sethiady selaku kakak ipar Irvan.


Simak video 'KPK Tetapkan Bupati Cianjur Tersangka Pemerasan Kepsek SMP':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/dhn)
FOKUS BERITA: Bupati Cianjur Tersangka
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed