PAN: Paling Tepat Taufik Kurniawan Mengundurkan Diri dari DPR

Tsarina Maharani - detikNews
Rabu, 12 Des 2018 12:07 WIB
Taufik Kurniawan (Dok. DPR)
Jakarta - Hingga kini PAN belum mengirimkan surat ke DPR perihal pengganti Taufik Kurniawan di kursi pimpinan setelah ditahan KPK. Waketum PAN Bara Hasibuan mengatakan saat ini komunikasi dengan Taufik terus berlangsung dan diharapkan ia mengundurkan diri dari DPR.

"Kami sedang melakukan komunikasi dengan Pak Taufik ya untuk mencari solusi yang tepat dan memang pada situasi seperti ini yang paling cepat dan tepat memang untuk Pak Taufik untuk mengundurkan diri," kata Bara di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Ia menjelaskan surat pengganti untuk Taufik belum bisa diserahkan PAN kepada DPR karena status hukum taufik belum berkekuatan tetap atau inkrah.


Karena itu, menurut Bara, salah satu jalan terbaik ialah Taufik mengundurkan diri dari DPR. Ia berharap Taufik bisa berbesar hati demi kepentingan yang lebih luas.

"Kami juga yakin bahwa pada akhirnya Pak Taufik mempunyai kebesaran hati peduli dengan kepentingan yang lebih luas, kepentingan partai, dan institusi DPR itu sendiri," sebut Bara.


"Karena kehormatan DPR itu harus kita jaga semuanya dan PAN juga punya komitmen untuk menjaga kehormatan tersebut," imbuh dia.

Taufik ditetapkan KPK sebagai tersangka. Dia diduga menerima suap dari Yahya Fuad untuk mendapatkan dana bantuan dari APBN. Taufik dianggap sebagai representasi daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah.

KPK menyatakan Taufik diduga menerima duit Rp 3,65 miliar dari Yahya Fuad. Uang itu diduga terkait dengan perolehan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada APBN-P 2016.


Saksikan juga video 'Ini Nama-nama yang Digodok PAN Gantikan Taufik Kurniawan':

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/ear)