Dosen IAIN Lempar Buku dan Tampar Mahasiswa di Kelas

Hasrul Nawir - detikNews
Selasa, 11 Des 2018 10:54 WIB
Demo mahasiswa karena rekannya ditampar dosen (hasrul/detikcom)
Parepare - Dosen syariah IAIN Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) Anwar Senong menampar mahasiswanya, M Yunus. Kejadian itu saat sedang berlangsung mata kuliah Sejarah Islam.

"Awalnya korban bertanya kepada dosen terkait mata kuliah yang dibawakan. Mahasiswa tidak puas, ditanyakan lagi. Namun sang dosen malah melemparkan buku ke korban dan menampar korban," kata penanggung jawab aksi Aliansi Mahasiswa Anti Kekerasan (Amatir) Ahmad Faisal dalam orasi di depan Kantor Rektorat IAIN Parepare, Selasa (11/12/2018).

Ahmad membeberkan aksi pemukulan oleh AS terhadap mahasiswanya bukan kali pertama terjadi. Beberapa mahasiswa pernah menjadi korban penganiayaan oleh sang dosen.

"Makanya tidak boleh dijadikan pembiaran. Ada beberapa korban yang pernah mengalami hal sama, ini kampus bukan arena gladiator," ungkap dia.

Ahmad mewakili mahasiswa meminta agar dosen yang melakukan penganiayaan dihukum sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kampus.

"Kami berikan waktu 3x 24 jam kepada pihak kampus, jika tidak ada tindakan akan kami turunkan massa lebih banyak. Dan jangan salahkan jika aksi kami sudah tidak terkendali," kata Faisal.

Menyikapi hal itu, para mahasiswa melakukan aksi Bakar ban serta penutupan jalur dalam kampus.

Menanggapi hal itu, Wakil Rektor 1 IAIN Parepare, M Junaedi berjanji akan melakukan pengusutan terhadap dugaan penganiayaan oleh Oknum dosen kepada mahasiswanya tersebut.

"Berikan kesempatan kepada kami untuk menyelesaikan kasus ini, yang pasti akan kami tindak lanjuti,"janji dia.

Junaedi memaparkan kasus tersebut akan langsung ditangani oleh Penegak Kode Etik Kampus.

"Ada tahapan dan tingkatan sesuai dengan tingkat pelanggaran . Yang terberat bisa berupa pemecatan," tegas dia. (asp/asp)