detikNews
Minggu 09 Desember 2018, 18:10 WIB

Dishub DKI: Begitu Skybridge Dibuka, 8 Rute Jak Lingko akan Beroperasi

Akfa Nasrulhak - detikNews
Dishub DKI: Begitu Skybridge Dibuka, 8 Rute Jak Lingko akan Beroperasi Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom
Jakarta - Penataan kawasan Tanah Abang terus dikebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selain sebagai tujuan utama belanja tekstil terbesar, Tanah Abang akan menjadi pusat perpindahan antarmoda transportasi dari berbagai wilayah.

Sebut saja Stasiun Tanah Abang, yang merupakan salah satu dari tiga besar stasiun terpadat di Jabodetabek bersama Stasiun Bogor dan Stasiun Jakarta Kota. Setiap hari ratusan ribu orang keluar-masuk di Stasiun Tanah Abang.

Warga yang hendak menuju atau keluar dari Stasiun Tanah Abang pun tidak perlu bingung. Setelah Pemprov DKI Jakarta membuka skybridge atau jembatan penyeberangan multiguna (JPM) Tanah Abang, yang terhubung dengan stasiun, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) akan menyiapkan delapan trayek angkutan kota (angkot) yang sudah terintegrasi dengan Jak Lingko.


Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono mengatakan delapan trayek Jak Lingko di Tanah Abang akan dilayani oleh 307 unit angkot Jak Lingko.

"Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mengeluarkan izin trayeknya. Rutenya dari Tanah Abang semuanya. Nanti, begitu skybridge dibuka, delapan trayek ini akan beroperasi," kata Agung.

TransJakarta juga akan secara ketat melakukan evaluasi dan pengendalian atas armada yang diajukan untuk beroperasi. Hanya moda yang memenuhi syarat dapat beroperasi dan pengemudi diarahkan untuk memiliki SIM A Umum sesuai dengan aturan.

Menurut Agung, delapan trayek Jak Lingko di Tanah Abang ini akan terintegrasi dengan bus TransJakarta yang beroperasi di sekitar kawasan Tanah Abang. Tujuh operator angkot akan menjalankan delapan trayek tersebut, yakni Komika Jaya, Kolamas Jaya, Kompamilet Jaya, Komilet Jaya, Purimas Jaya, Budi Luhur, dan Lestari Sukma Gema Persada.


Delapan rute yang akan dilayani Jak Lingko:

1. OK 7 dengan rute Grogol-Tanah Abang
2. OK 8 dengan rute Roxy-Bendungan Hilir
3. OK 9 dengan rute Roxymas-Karet
4. OK 10 dengan rute Tanah Abang - Kota
5. OK 11dengan rute Tanah Abang - Kemayoran Lama via Rawa Belong
6. OK 12 dengan rute Tanah Abang - Kebayoran Lama via Pos Pengumben
7. OK 13 dengan rute Tanah Abang - Jembatan Lima
8. OK 14 dengan rute Tanah Abang - Meruya Ilir.



Tonton juga 'Resmi Diuji Coba, Yuk Kita Telusuri Skybridge Tanah Abang!':

[Gambas:Video 20detik]


(ega/prf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed