ASN Kabupaten Serang Dapat Ilmu Jadi Wartawan

Moch Prima Fauzi - detikNews
Kamis, 06 Des 2018 15:28 WIB
Foto: Dok. Pemkab Serang
Jakarta - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang memberikan pelatihan jurnalistik kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN). Pelatihan ini agar para ASN bisa mempublikasikan program dan hasil kerja pemerintahan setempat.

Pelatihan Jurnalistik tersebut telah dilaksanakan pada Senin-Rabu (3-5/12/2018) di Jakarta. Peserta berasal dari organisasi perangkat daerah dan pemerintah kecamatan di lingkungan Pemkab Serang.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Edi Suhardiman mengatakan pemerintah daerah butuh aparatur yang mampu mempublikasikan program dan hasil kinerja yang telah dilakukan melalui pelaksanaan APBD.


"Maka ASN juga harus punya kemampuan jurnalistik. Punya kemampuan menjadi seorang wartawan bagi instansinya," kata Edi melalui keterangan tertulis, Kamis (6/12/2018).

Dia menjelaskan kemampuan jurnalistik tidak hanya melalui tulisan, tetapi juga bidang fotografi dan video. Untuk itu para ASN pun mendapatkan beragam pembekalan, mulai dari penulisan hingga membuat video.

"Setiap rencana program pemerintah daerah dan pelaksanaannya, harus mampu digambarkan melalui tulisan, foto, dan video. Kemampuan ini harus dimiliki oleh ASN sesuai perkembangan zaman, perkembangan informasi teknologi," tegasnya.


Para ASN juga didorong memiliki kemampuan untuk mempublikasikan tulisan, foto, dan video melalui website pemerintah daerah, media massa, dan media sosial. Bukan hanya diberikan materi, mereka juga melakukan praktik langsung.

"Selama ini beberapa instansi sudah aktif mempublikasikan kegiatan, hingga ke media sosial. Kami dorong bisa dilaksanakan pula oleh pegawai di tingkat kecamatan. Sesuai pesan Ibu Bupati Serang (Ratu Tatu Chasanah), bahwa mempublikasikan program dan kinerja pemerintah daerah, merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat," paparnya. (prf/mul)