DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 22:32 WIB

Proses Penjualan Tiket Ed Sheeran Dikeluhkan, Ini Kata Tokopedia

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Proses Penjualan Tiket Ed Sheeran Dikeluhkan, Ini Kata Tokopedia Foto: Instagram Ed Sheeran
Jakarta - Penjualan tiket penyanyi Ed Sheeran, yang akan menggelar konser pada 3 Mei 2019, disambut serbuan penggemar di Indonesia. Tapi keluhan muncul dari para calon pembeli yang mengalami berbagai kendala saat membeli.

Keluhan para calon pembeli itu ramai pula disampaikan lewat media sosial. Ada yang mengeluhkan munculnya 'kendala teknis' saat akan membeli tiket lewat Tokopedia, ada pula yang mempertanyakan alasan transaksi dinyatakan tidak berhasil setelah mereka membayar tiket tersebut.

Salah satu keluhan disampaikan oleh calon pembeli bernama Melati. Awalnya, Melati kesulitan mengakses Tokopedia ketika penjualan tiket dimulai para Rabu (5/12/2018) pukul 13.00 WIB. Ketika situs bisa diakses, awalnya tiket dinyatakan sudah habis.


Sekitar 1 jam kemudian, Melati mengakses kembali Tokopedia dan berhasil membeli 2 tiket Ed Sheeran kategori 5B. "Setelah bayar ke ATM, justru muncul e-mail bahwa pemesanan tiket tidak berhasil," ucapnya.

Melalui e-mail, Tokopedia kemudian memberi informasi bahwa pembayaran yang sudah ditransfer akan dikembalikan. Masalah serupa dialami calon pembeli bernama Rina.

"Pertama-tama saya memesan dua tiket kategori 4A seharga Rp 2.950.000 sekitar sore tadi. Saya lalu ke ATM untuk membayarkannya. Setelah dibayarkan, saya dapat e-mail bahwa pemesanan tiket tidak berhasil, dana sejumlah Rp 2.950.000 akan dikembalikan," kata Rina.


Rina dan Melati kemudian menerima e-mail lanjutan dari Tokopedia untuk mengisi formulir soal apakah melanjutkan pembelian. Tiket konser Ed Sheeran 'Divide World Tour 2019' dijual dalam 6 kategori. Tiket dijual seharga Rp 550.000-2.600.000.

Saat dimintai konfirmasi, Tokopedia mengakui sempat ada calon pembeli yang mengalami kendala di situsnya. Tokopedia menjamin calon pembeli yang sudah membayar dapat melanjutkan proses pembelian.


Berikut ini pernyataan dari CEO Office Manager Tokopedia Priscilla Anais:

Animo pengguna dalam membeli tiket konser Ed Sheeran sangat luar biasa, jadi ada sebagian pengguna yang tidak dapat memproses order mereka dengan lancar. Tokopedia sangat menghargai dan menjaga kepercayaan pengguna kami dan dengan segera memberikan solusi yang terbaik. Bagi para pengguna yang sudah melakukan pembayaran namun masih menunggu konfirmasi status transaksi, pemesanan tiket mereka sudah diamankan sementara dan mereka diberikan pilihan untuk melanjutkan pembelian tiket Ed Sheeran. Jika pengguna memilih untuk refund transaksi, maka dana akan dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih.
(imk/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed