detikNews
Senin 03 Desember 2018, 13:24 WIB

Zulkifli Ungkap Perlunya Aturan Pengawasan Penyakit Menular Hewan

Muhammad Idris - detikNews
Zulkifli Ungkap Perlunya Aturan Pengawasan Penyakit Menular Hewan Ketua MPR Zulkifli Hasan (M Idris/detikcom)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan perlunya sebuah regulasi yang mengatur lalu lintas dan pengawasan terhadap penyakit yang bisa ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya. Hal itu disampaikannya setelah menerima audiensi dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia.

"Ini memang khawatir kalau ini (UU) tak ada, hewan ini kan ada istilah zoonosis (penyakit atau infeksi dari hewan bertulang belakang yang bisa menyebar ke manusia) yang disebarkan dari hewan itu sampai 60 persen," jelas Zulkifli di ruang kerjanya, Senin (3/12/2018).


Menurutnya, sejauh ini sebenarnya sudah ada Kementerian Pertanian yang melakukan pengawasan pada zoonosis. Kendati begitu, pengawasan penyakit dari hewan dirasa belum optimal karena tidak menjangkau daerah-daerah di Indonesia.

"Ini tak ada yang menangani secara khusus, yang bertanggung jawab itu siapa. Ada di Mentan lewat Dirjen, tapi Dirjen nggak bisa perintah sampai ke daerah, sehingga mendeteksi penyakit-penyakit zoonosis ini penting sekali macam ayam, kucing, sapi gila, rabies, macam-macam. Jadi mereka sampaikan kalau bisa ada penanggung jawab yang mengatur zoonosis ini," ujar Zulkifli.

Zulkifli menyebut usulan dari para dokter hewan atas pengendalian zoonosis sangat diperlukan diterapkan lebih ketat. Namun dia mengimbau untuk dibuatkan kajian terlebih dulu sebelumnya yang disampaikan ke pemerintah dan legislatif.


"Saya sampaikan, bikin saja kajiannya dulu, kajian ilmiah, nanti dikomunikasikan ke kita dan pemerintah, bisa UU kalau diperlukan oleh pemerintah dan legislatif. Karena kita enggak tahu, banyak satwa yang disebut zoonosis tadi, ada orang yang pelihara burung, kemudian ada satwa-satwa masuk dari luar, itu bagaimana dan siapa penanggung jawabnya," pungkasnya.
(idr/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com