DetikNews
Sabtu 01 Desember 2018, 18:06 WIB

Laporan Dari Buenos Aires

Jelang Pertemuan AS-China, JK: Kita Kadang Tak Tahu Arahnya Trump

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jelang Pertemuan AS-China, JK: Kita Kadang Tak Tahu Arahnya Trump Wapres Jusuf Kalla (Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)
Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral hari ini, Sabtu (1/12/2018), di Argentina. Banyak yang berharap pertemuan itu bisa meredam perang dagang kedua pihak, tapi Wapres RI Jusuf Kalla (JK) menyatakan Trump sulit ditebak.

"Tergantung Trump, kita kadang tak tahu arahnya dia," ungkap JK saat ditemui di hotel tempatnya menginap di Buenos Aires, Argentina, Jumat (30/11/2018) sore waktu setempat.


Pertemuan Trump dan Jinping bakal berlangsung di sela KTT G20. Keduanya sebelumnya sudah bertemu dalam forum pleno, tapi memang tak berbincang formal secara langsung.

"Tergantung, sebenarnya, pada Amerika. Walaupun sudah ada kemajuan dengan melanjutkan perundingan dan menyelesaikan perundingan antara Amerika Utara, Meksiko, Amerika, itu suatu kemajuan dengan menandatangani kembali perubahan daripada NAFTA (North American Free Trade Agreement) itu," tutur JK.




JK, yang mengikuti sesi pleno, kemudian menyampaikan apa yang dibahas Trump dan Jinping dalam forum. Kedua pemimpin dunia itu memang tak duduk berdekatan pada forum dengan posisi duduk melingkar tersebut.

"Donald Trump tadi hanya menceriterakan bagaimana pertumbuhan Amerika semasa dia, artinya dengan kebijakan yang diambil ekonomi Amerika mendapat kemajuan, tapi dia juga mengusahakan kemajuan bersama, tak secara langsung mengatakan tak ada perang dengan China. Tapi China juga menyampaikan bahwa mari kita semua berdialog. Jadi forum ini forum dialog," beber JK.
(bpn/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed