DetikNews
Rabu 28 November 2018, 21:15 WIB

APBD 2019 Sempat Defisit Rp 16 T, Anies: Kalau Dibicarakan Ada Solusi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
APBD 2019 Sempat Defisit Rp 16 T, Anies: Kalau Dibicarakan Ada Solusi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini polemik APBD 2019, yang sempat mengalami defisit Rp 16 triliun, bisa diatasi dengan adanya komunikasi yang baik dengan DPRD DKI. Anies mengatakan setiap perbedaan bisa dicari solusinya.

"Intinya, tidak ada hal yang tak bisa dibicarakan. Meski ada perbedaan, kalau dibicarakan baik-baik, akan ada solusi, jalan tengahnya," kata Anies kepada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018).


Anies juga bersyukur penyertaan modal daerah (PMD) untuk sejumlah BUMD yang sempat dipotong bisa dicarikan solusi terbaik. Dia berharap pada RAPBD Perubahan 2019, anggaran untuk program prioritas, seperti Stadion BMW dan Rumah DP Rp 0, dapat kembali ditambah.

"Saya bersyukur ini sudah disepakati. Dan tinggal satu lagi besok pada PMD-nya," kata dia.


Anies mengatakan terbiasa berada dalam posisi berbeda pendapat dengan orang lain. Namun dia memastikan perbedaan pandangan selalu bisa dicarikan solusinya.

"Dalam proses pengambilan keputusan, ada persuasi dan ada diskusi, dan itulah proses politik," jelas Anies.


Sebelumnya, pembahasan Rancangan APBD 2019 sempat mengalami kendala karena Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI dan Pemprov DKI menemukan defisit Rp 16 triliun. Akibatnya, anggaran DP Rp 0 dipangkas dari sebelumnya usulan Rp 720 miliar menjadi Rp 350 miliar. Sedangkan pembangunan Stadion BMW dipangkas dari Rp 1,6 triliun menjadi Rp 900 miliar.
(fdu/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed