DetikNews
Selasa 27 November 2018, 12:20 WIB

Menhub Beri Tips Aman ke Ibu-ibu Ojol: Jangan Sein Kiri, Belok Kanan

Zunita Putri - detikNews
Menhub Beri Tips Aman ke Ibu-ibu Ojol: Jangan Sein Kiri, Belok Kanan Menhub Budi Karya Sumadi membagikan tips aman berkendara kepada ibu-ibu ojol (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberi tips aman berkendara kepada para ibu-ibu yang berprofesi sebagai ojek online (ojol). Menhub mengatakan safety riding adalah keharusan.

"Ibu-ibu sekalian, kami itu concern sekali berkaitan dengan safety karena dalam moto safety is a must, itu keharusan. Jadi jangan mau diledekin sein kiri, belok kanan ya," ucap Budi di Jl Iskandarsyah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018).


Dia menjelaskan berkendara aman yaitu mematuhi rambu lalu lintas dan menggunakan peralatan lengkap berkendara seperti helm dan jaket. Menhub juga mengingatkan para kaum hawa ini untuk memperhatikan kecepatan kendaraan.

"Kecepatan itu dipikirkan, jangan digas-gas lagi, tahu-tahu nggak tahu penumpangnya ke mana, diatur apakah 30 kilometer (per jam). Kemampuan kita kan tertentu itu bisa mengendarai 50 kilometer per jam, itu dengan pikiran, kita laksanakan dengan baik. Kalau itu dipikirkan, persoalan safety biasanya dilaksanakan dengan baik," jelasnya.

Menhub membagikan helm kepada ibu-ibu ojol. Menhub meminta mereka untuk percaya diri di jalanan sehingga mengubah persepsi kaum hawa yang tak tertib dan aman dalam berkendaraMenhub membagikan helm kepada ibu-ibu ojol. Menhub meminta mereka untuk percaya diri di jalanan sehingga mengubah persepsi kaum hawa yang tak tertib dan aman dalam berkendara (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)


Terakhir, Budi juga memberikan pengarahan kepada para driver ojol agar percaya diri (pede) ketika berkendara. Menurutnya, dengan percaya diri itulah nantinya persepsi masyarakat terhadap Ibu-ibu yang terkesan kurang memperhatikan cara berkendara dengan aman dapat diubah.

"Jadi yang pertama kali, percaya diri kalau kita 'pede' kita bisa kendalikan motor dengan baik. Apa yang disampaikan masyarakat itu persepsi kalau yang kendarai ibu-ibu kurang berani, kurang cepat, tapi kalau ibu 'pede', pasti itu nggak ada lagi, nggak ada cancel-cancel. Saya percaya bahwa Ibu-ibu itu lebih hati-hati, lebih ramah, lebih wangi," ungkap Budi.


Selain memberikan arahan di workshop safety riding ojol wanita, Budi juga membagikan beberapa helm gratis kepada driver ojol tersebut.
(zap/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed