Viral Aksi 'Truk Oleng', Kakorlantas: Itu Berbahaya!

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 26 Nov 2018 16:56 WIB
Foto: Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - Setelah fenomena 'om telolet om', kini muncul aksi truk sengaja oleng di jalanan dan kemudian videonya viral di media sosial. Polisi menegaskan bahwa aksi itu berbahaya.

"Kami sudah memberikan arahan ke wilayah untuk melakukan monitoring, sehingga hal-hal itu tidak berkembang karena itu berbahaya bagi siapapun," kata Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri kepada detikcom di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (26/11/2018).

"Siapapun yang menemukan (supir yang sengaja mengendarai truk oleng), berada di posisi sebagai penumpang, atau apapun bisa memberikan peringatan. Bukan malah memotivasi sehingga malah terjadi perilaku pengemudi-pengemudi yang agresif," lanjut Refdi.



Refdi mengatakan akan mendalami fenomena perilaku supir truk tersebut. Dia berharap polisi lalu lintas di tingkat wilayah turut peka dengan adanya fenomena berkendara itu dan melakukan penindakan.

"Nanti kami dalami (fenomena truk oleng). Mudah-mudahan satuan di kewilayahan sudah berbuat," tutur Refdi.



Refdi mengimbau para supir truk mengemudikan kendaraan dengan cara yang aman di manapun.

"Siapapun saya kira yang mengemudikan kendaraan di manapun, apakah di jalan arteri, jalan tol, jalan manapun harus mengemudikan kendaraan dengan cara yang tidak membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain," ujar Refdi. (aud/imk)