DetikNews
Senin 26 November 2018, 00:05 WIB

Laporan Dari Pakistan

Melihat Eksportir Jeruk Kino di Pakistan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Melihat Eksportir Jeruk Kino di Pakistan Foto: Salah satu buah yang diekspor Pakistan ke Indonesia adalah Jeruk Kino atau Kinnow (Arif-detikcom)
Sargodha - Salah satu buah yang diekspor Pakistan ke Indonesia adalah Jeruk Kino atau Kinnow. Tampilan Kino berwarna kuning, mirip Jeruk Mandarin.

"Pakistan mengirim Kino ke Indoensia sekitar 2.000 kontainer setiap tahun," ucap salah satu eksportir Kino Shahid Sultan, kepada wartawan di tempat pengepakannya di Bhalwal, Sargodha, Minggu (25/11/2018).

Shahid menjalankan pemasaran jeruk dengan nama Zahin Kinnow. Dia memiliki sekitar 400 hektar perkebunan jeruk. Selain itu, dia pun menampung jeruk dari lahan milik petani-petani di Bhalwal sekitar 600 hektar.

Panen jeruk di Pakistan tidak sepanjang tahun. Musim panen terjadi pada bulan November sampai Maret.

Melihat Eksportir Jeruk Kino di PakistanFoto: Eksportir Kino Shahid Sultan (Arif-detikcom)
Proses pengepakan tidak sepenuhnya dilakukan oleh manusia. Proses pencucian, pelapisan lilin, dan pengelompokan jeruk menggunakan mesin.


Proses pertama adalah penyortiran dan pencucian. Jeruk yang jelek akan dibuang oleh pegawai yang bertugas menyortir.

Pada proses pengelompokan jeruk, jeruk dipisah berdasarkan ukuran. Ada ukuran kecil, sedang, dan besar.

"Pasar Indonesia itu suka yang besar. Untuk jeruk kecil, kita kirim ke pabrik-pabrik jus," ucap Shahid.

Setelah itu, jeruk dimasukan dalam gudang pendingin dengan suhu 4 derajat celsius. Jeruk pun tinggal menunggu kontainer yang akan membawanya ke Indonesia.

"Pengiriman pertama tahun ini dilakukan pada 28 November 2018. Akan sampai ke Indonesia pada tanggal 11 Desember 2018," ucap Shahid.

Shahid berharap tahun ini mengirim lebih banyak jeruk dari tahun lalu. Targetnya, tahun ini dia ingin mengirim sebanyak 300 kontainer jeruk.

"Tahun lalu kirim ke Indonesia 250 kontainer, 1 konteiner sekitar 26,5 ton, total semua sekitar 6.000 ton. Jual USD 6 per 10 kg. Target tahun ini naik menjadi 300 kontainer," ucap Shahid.

Melihat Eksportir Jeruk Kino di PakistanFoto: Salah satu buah yang diekspor Pakistan ke Indonesia adalah Jeruk Kino atau Kinnow (Arif-detikcom)
Indonesia menjadi negara kedua terbesar pemasaran Jeruk Kino. "Negara pertama itu Rusia," ucap Shahid.

Sementara itu, Presiden Kamar Dagang dan Industri Sargodha, Mirza Fazal ur Rehman, menyebut hubungan dagang dengan Indonesia sangat penting. Apalagi, sudah ada perjanjian antara Indonesia dengan Pakistan dalam Preferential Trade Agreement (PTA), yang membebaskan biaya masuk atau Zero Rated, termasuk jeruk Pakistan ke Indonesia.

"Pakistan dan Indonesia memiliki hubungan bagus dalam hal bilateral dan hubungan perdagangan. Indonesia adalah partner ke dua terbesar hubungan dagang Pakistan di ASEAN," ucap Mirza, secara terpisah.
(aik/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed