DetikNews
Sabtu 24 November 2018, 22:37 WIB

Belanja Rp 50 Ribu hingga Beli Bakso, Adu Persaingan Pilpres

Rina Atriana, Faiq Hidayat - detikNews
Belanja Rp 50 Ribu hingga Beli Bakso, Adu Persaingan Pilpres Ilustrasi bakso (Foto: Herdi)
Jakarta - Pernyataan Titiek Soeharto yang mempertanyakan Rp 50 ribu dapat apa, coba dibuktikan timses Jokowi dengan berbelanja di pasar. Mendukung pertanyaan Titiek, timses Prabowo mengunggah struk makan bakso yang harganya di atas Rp 50 ribu untuk 2 mangkuk.

Adalah caleg dari PDIP Kirana Larasati yang coba pergi ke pasar di Bandung dan berbelanja dengan membawa Rp 50.000 pada 19 November 2018 lalu. Kirana mula-mula membeli bawang merah, bawang putih, dan cabai seharga Rp 10 ribu. Setelah itu, dia membeli ayam 0,5 kilogram seharga Rp 16 ribu, lalu tahu-tempe Rp 15 ribu, dan tujuh butir telur ayam seharga Rp 9.000.


Aksi serupa dilakukan anggota influencer Jokowi-Ma'ruf, Ruhut Sitompul. Ruhut belanja di Pasar Kadipolo Solo dengan uang Rp 50.000. Ruhut membeli tempe Rp 10.000, beras dan telur Rp 21.500, bayam dan kangkung Rp 2.500, ayam 1/4 kg Rp 8.000, serta cabang dan item lain Rp 4.000.

"Rp 50 ribu saya bisa dapat ayam, dapat sayur, dapat beras, dapat bawang, cabai, macem-macem, bahkan ada kembalinya," tutur Ruhut, Jumat (23/11).


Kepala Bidang Advokasi dan Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Habiburokhman menilai apa yang dilakukan Ruhut dan Kirana adalah hanya untuk 'menggoreng' pernyataan Titiek, seolah-olah pernyataan Titiek tanpa dasar.

"Menurut saya, itu di-spin-spin ya (digoreng). Seolah-olah Mbak Titiek menjabarkan sesuatu yang tak berdasarkan fakta," tanggap Habiburokhman, Jumat (23/11).

"Ya memang yang namanya kalau orang suka nyinyir, begitu ngomongnya. Coba dong, apa perlu gue temenin belanja bareng ke pasar, kok negative thinking direkayasa di mana pasar dia kenal biar aku datang biar diliput semua," kata Ruhut menanggapi pernyataan Habiburokhman, Jumat (24/11).


"Kami ingat beberapa ada headline dapat apa Rp 50 ribu, kita simpel ingin membuktikan apa benar tidak dapat apa-apa, jadi kita coba. Belanjanya sejujurnya ngasal, cuma mau membuktikan lima puluh ribu dapat apa, isu beredar tidak dapat apa-apa, begitu," ucap Kirana turut menanggapi.

Masih terkait pertanyaan Titiek 'Rp 50 ribu dapat apa', Habiburokhman lantas mengunggah struk makannya ke Twitter. Habiburokhman menulis bahwa uang Rp 50 ribu tak cukup untuk membeli 2 mangkuk bakso.

"Lapor Oom, duit 50 ribu kagak cukup u jajan bakso dua orang," cuit Habiburokhman, Jumat (23/11).


Lalu gantian Ruhut memberi komentar terhadap cuitan Habiburokhman. Ruhut menebak dengan harga segitu Habiburokhman makan bakso di hotel mewah.

"Ya makan di hotel bintang lima mungkin, kita kan rakyat. Ketahuan pendukung Prabowo berduit semua, kalau gue makan di pinggir jalan ada baliknya. Saya kasihan lihat mereka, kerjaan tiada lain cuma mau menakuti-nakuti rakyat saja," ujar Ruhut, Jumat (23/11).
(rna/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed