Jokowi: Rekam Jejak KSAD Andika Perkasa Komplet

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 22 Nov 2018 10:07 WIB
Jokowi melantik Andika Perkasa menjadi KSAD. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo menilai KSAD Jenderal Andika Perkasa adalah sosok yang komplet. Sebab, Andika pernah menjabat berbagai posisi strategis, seperti Komandan Paspampres dan Panglima Kostrad.

"Ini kan kita melihat rekam jejak Pak Andika pernah di Kopassus, pernah di Kodiklat, pernah di Pangdam, pernah di Kostrad, sebelumnya di penerangan, saya kira komplet. Pernah jadi Komandan Paspampres. Semuanya komplet. Memang ada beberapa kandidat, tetapi inilah yang kita putuskan," ujar Jokowi di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018).


Jokowi menyebut, awalnya ada empat nama yang diusulkan menjadi KSAD pengganti Jenderal Mulyono. Namun Jokowi akhirnya menunjuk Andika. Andika baru menjabat Pangkostrad pada Juli 2018.

"Coba dilihat saja perjalanan karier Pak Andika, saya kira sudah memenuhi semuanya," kata Jokowi.

Andika juga lulusan akademi militer tahun 1987. Menurut Jokowi, penunjukan Andika tidak ada sangkut-pautnya dengan sosok muda.


"Kita bukan muda atau tidak muda. Sekali ada, semuanya akan ada hitung-hitungannya, terutama pengalaman, rekam jejak, pendidikan yang telah dijalani, semua kita lihat," ucap Jokowi.

Lantas, apakah ada tugas khusus untuk Andika?

"Nggak usah tugas khusus, KSAD baru tahu apa yang dikerjakan, tahu 100 persen tahu," ujar Jokowi. (dkp/bag)