Eksekusi Baiq Nuril Ditunda karena Alasan Kemanusiaan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Nov 2018 17:41 WIB
Baiq Nuril (Lamhot Aritonang/detikcom)
Mataram - Kejaksaan Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, akhirnya menunda eksekusi Baiq Nuril Maknun. Jaksa menunda eksekusi terpidana kasus perekam percakapan mesum kepala sekolah itu karena alasan kemanusiaan.

Kepala Kejaksaan Negeri Mataram I Ketut Sumadana mengatakan penundaan eksekusi terhadap Baiq Nuril Maknun berdasarkan sejumlah pertimbangan.

"Pertimbangannya demi hukum, kemanusiaan, dan keadilan," ujar Sumadana saat ditemui di kantornya di Mataram, yang dikutip dari Antara, Rabu (21/11/2018).



Ia menegaskan pihaknya sangat menghormati apa yang telah diputuskan Kejaksaan Agung untuk menunda eksekusi terhadap terdakwa Baiq Nuril Maknun, meski secara fisik pihaknya belum menerima salinan putusan dari Mahkamah Agung.

"Salinan penundaan kita belum terima dari MA. Tapi meski tanpa itu, tidak juga jadi masalah," ujarnya.



Menurut dia, putusan penundaan tersebut tidak hanya terhadap Baiq Nuril, tapi juga penegakan hukum bagi semuanya yang sudah diputus proses oleh MA.

"Jadi semua ini untuk penegakan hukum, bukan karena kepentingan Ibu Nuril, tapi juga kejaksaan," katanya.

Diketahui, kasus ini menyedot perhatian masyarakat. Kasus ini juga mencetuskan berbagai demonstrasi membela Nuril, yang dinilai sedang membela martabatnya. (rvk/asp)