DetikNews
Rabu 21 November 2018, 12:22 WIB

Masa Sidang DPR Dibuka, PAN Belum Ajukan Pengganti Taufik Kurniawan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Masa Sidang DPR Dibuka, PAN Belum Ajukan Pengganti Taufik Kurniawan Taufik Kurniawan. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut hingga hari ini pihaknya belum menerima nama pengganti Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Padahal, Fraksi PAN sebelumnya telah mencopot Taufik sebagai pimpinan DPR.

"Sampai hari ini saya belum menerima, atau kami pimpinan belum menerima secarik surat pun dari Fraksi PAN," kata Bamsoet di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/11/2018).


Bamsoet mengatakan, pergantian Taufik akan dilakukan jika surat dari PAN sudah diterima pihaknya. Saat ini, pihaknya masih menunggu surat tersebut.

"Posisi kami adalah posisi yang menunggu karena sepenuhnya adalah kewenangan dari fraksi PAN," katanya.

Politikus Golkar itu juga enggan berkomentar lebih banyak lagi terkait pengaruh belum dilantiknya pengganti Taufik. Bamsoet menyerahkan sepenuhnya kepada Fraksi PAN.

"(Soal menganggu kinerja DPR apa tidak) Tanyanya lebih tepat ke Fraksi PAN," ujar Bamsoet.


Sebelumnya, PAN sudah mencopot Taufik sebagai pimpinan DPR bidang ekonomi dan keuangan. Dua nama yang diisukan menggantikan Taufik adalah Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais dan Wakil Ketua Komisi III Mulfachri Harahap. Taufik kini menjadi tersangka kasus dugaan suap. PAN segera mengirim surat soal 1 nama pengganti Taufik Kurniawan ke pimpinan DPR.

"Dalam pekan ini kita akan kirim tapi sekali lagi, kalau publik menanyakan kenapa sampai sekarang belum ada pergantian, ya tadi, DPR dalam suasana reses dan pengambilan sumpah jabatan itu harus di depan sidang paripurna. Sidang paripurnanya bisa digelar ketika masa sidang itu sudah kembali aktif. Kalau reses kan nggak boleh ada sidang paripurna," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto saat dihubungi, Minggu (4/11).


Simak Juga 'Ini Nama-nama yang Digodok PAN Gantikan Taufik Kurniawan':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed