DetikNews
Rabu 21 November 2018, 11:47 WIB

Menag Dalami Temuan BIN soal 50 Penceramah Berpaham Radikal

Andhika Prasetia - detikNews
Menag Dalami Temuan BIN soal 50 Penceramah Berpaham Radikal Menag Lukman Hakim Saifuddin. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin belum bisa berkomentar banyak soal temuan Badan Intelijen Negara (BIN) mengenai 50 penceramah di masjid yang berpaham radikal. Lukman akan mendalami temuan tersebut.

"Saya harus dalami dulu, saya belum bisa komentar soal itu," kata Lukman di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/11/2018).


Temuan ini diungkap BIN pada hari Selasa (20/11). Para penceramah berpaham radikal itu tersebar di 41 masjid. BIN sudah melakukan upaya pendekatan kepada mereka.

"Tidak banyak, sekitar 50-an. Ini masih terus kita dekati, mudah-mudahan ini bisa," kata juru bicara Kepala BIN, Wawan Hari Purwanto, di Restoran Sate Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (20/11).


BIN mengatakan ada tiga kategori radikal, yakni rendah, sedang, dan tinggi. BIN punya pendekatan yang berbeda dari tiap kategori tersebut.

"Kalau yang rendah, ya masih dalam kategori yang masih ditoleransi nilainya. Kalau sedang sudah mulai mengarah ke kuning, kuning itu perlu disikapi lebih. Tapi yang merah artinya sudah parah lah, ini perlu lebih tajam lagi untuk bagaimana menetralkan keadaan," ujar Wawan.


Simak Juga 'Dewan Masjid Serahkan Urusan Masjid Radikal ke Intelijen':

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed