DetikNews
Selasa 20 November 2018, 19:06 WIB

Warga Harap Tilang Elektronik Berlaku di Pelican Crossing

Lisye Rahayu - detikNews
Warga Harap Tilang Elektronik Berlaku di Pelican Crossing Pelican crossing di dekat halte GBK. (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Pelican crossing mulai diterapkan di Halte TransJakarta Gelora Bung Karno (GBK), tapi masih banyak kendaraan yang tak paham aturan marka ini. Warga pun berharap di lokasi juga diterapkan tilang elektronik bagi pengendara yang melanggar aturan.

"Ya kan biar ketahuan yang langgar. Terus habis itu kan besoknya ditegur karena ada CCTV," kata salah seorang pengguna pelican crossing, Oky, saat ditemui di lokasi, Senayan, Jakarta, Selasa (20/11/2018).



Warga lain, Risa, juga berharap demikian. Dia ingin pengendara kendaraan bermotor lebih tertib dan menghormati pejalan kaki. Selain itu, ada Reyfaldi yang ingin pengguna moda transportasi TransJakarta dimudahkan.

"Ya lebih bagus dipasang (CCTV) juga nggak apa-apa. Yang langgar peraturan biar jera. Biar penumpang TransJakarta mudah nyeberang," kata Reyfaldi.

Di lokasi tersebut sebenarnya juga masih ada jembatan penyeberangan orang, meski sedang direnovasi. Namun warga lebih memilih pelican crossing karena lebih cepat.

"Kita dipermudah. Nggak tahu ini ke depannya bakal gimana, tapi lebih enak ini daripada JPO. Pasti ada sih ya (mobil menerobos) karena nggak semuanya sadar gitu ya. Ada yang buru-buru, kita juga nggak tahu," tutur salah seorang pengguna pelican crossing lainnya, Eri.


Senada dengan Eri, warga lain yang bernama Ace merasa lebih cepat menggunakan pelican crossing. Namun dia tetap waswas tiap kali melihat mobil atau motor yang seakan-akan tak mau berhenti walau lampu sudah merah.

Sistem E-TLE (electronic traffic law enforcement) sudah diterapkan di Jakarta dan mulai berlaku pada 1 November 2018. Sebanyak 4 kamera CCTV dipasang di Bundaran Patung Kuda dan Sarinah untuk mendukung pelaksanaan sistem tersebut.

Sebelum aturan itu diterapkan, polisi sudah melakukan sosialisasi dan uji coba sistem E-TLE selama Oktober. Polisi mengklaim jumlah pelanggaran lalu lintas menurun drastis selama masa uji coba tersebut.




Tonton juga 'Kapolri: e-Tilang Terobosan untuk Tekan Korupsi!':

[Gambas:Video 20detik]


(bag/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed