DetikNews
Selasa 20 November 2018, 12:57 WIB

Wagub Sultra: Jika Daerah Kuat, NKRI Makin Kuat

Tia Reisha - detikNews
Wagub Sultra: Jika Daerah Kuat, NKRI Makin Kuat Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas (Kanan) (Foto: Dok APPSI)
Jakarta - Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki beragam sumber daya alam, dari pertanian, perkebunan, perikanan, ESDM, hingga pariwisata. Jika beragam potensi daerah makin kuat, NKRI dinilai juga makin kuat.

"Kami harap APPSI bisa membantu mengangkat potensi daerah, jika daerah kuat maka NKRI makin kuat," ujar Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas, Selasa (20/11/2018).


Lukman menyambut Tim Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur dari Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang tiba di provinsi ke-26, yakni Sulawesi Tenggara, di kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Senin (19/11).

Lukman juga memaparkan potensi utama Sulawesi Tenggara ada di sektor pertanian. Sultra menjadi lumbung pangan pemasok beras untuk wilayah Indonesia timur.

"Kami menyuplai beras untuk wilayah NTT dan Papua, di mana sudah terjalin kerja sama antarprovinsi di sektor pertanian," kata mantan Bupati Konawe ini.

Lukman melanjutkan potensi andalan Sultra lainnya ialah sektor perkebunan, dengan komoditas utama kakao dan cengkeh. Bahkan Lukman menyebut kakao dari Sultra telah diekspor hingga Eropa.

Lalu, potensi unggulan Sultra yang lain ada di sektor perikanan, terlebih yang berada di Laut Banda. Namun ia menyayangkan potensi ini belum sepenuhnya dieksplorasi secara maksimal.

"Sekitar 71% wilayah Sultra adalah laut, ada 8 kabupaten kepulauan, Laut Banda itu potensi kelautannya luar biasa, namun belum sepenuhnya mampu kita manfaatkan," ujar Lukman.

Selain itu, potensi alam Sultra ada pada kekayaan energi dan sumber daya mineral, yakni nikel dan aspal Buton yang terbaik di Indonesia.

Adapun di sektor pariwisata, Wagub Sultra menyebut Sultra memiliki potensi pariwisata yang luar biasa tapi perlu pengembangan agar bisa menarik lebih banyak wisatawan.

"Semua orang tahu Sulawesi Tenggara punya Wakatobi, bahkan sudah menjadi 10 destinasi utama nasional, kita masih punya banyak kepulauan lain yang tak kalah indah, bahkan lebih indah dari Raja Ampat, misalnya kita punya segitiga emas Pulau Bokori, Saponda, dan Labengki, semua ini perlu dikembangkan lagi," pungkas Lukman.


Lukman menutup sambutannya dengan mengapresiasi APPSI yang mau turun langsung melihat potensi daerah dengan program Ekspedisi Jalur Darat ke 34 Gubernur. Ia berharap program tersebut dapat menjadi sarana mewujudkan pemerataan pembangunan hingga ke daerah.

Untuk mengetahui informasi lainnya dari Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur APPSI, klik di sini.
(ega/mul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed