DetikNews
Sabtu 17 November 2018, 10:43 WIB

Diskusi Khilafah Tak Diizinkan, Polisi Berjaga di Az-Zikra Bogor

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Diskusi Khilafah Tak Diizinkan, Polisi Berjaga di Az-Zikra Bogor Suasana di Masjid Az-Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Bogor - Polres Bogor tidak mengeluarkan izin diskusi bertajuk 'Syiar dan Silaturahim Kekhalifahan Islam Se-Dunia 1440 H' yang sedianya digelar hari ini di Masjid Az-Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Polisi berjaga di sekitar lokasi memastikan suasana tetap kondusif.

detikcom memantau suasana di Masjid Az-Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor, Sabtu (17/11/2018) pagi. Tampak ada sejumlah polisi dari Polres Bogor yang melakukan penjagaan. Di lokasi juga terpasang spanduk bertulisan 'Kegiatan Khilafatul Muslimin di Az-Zikra Dibatalkan'.

"Kita sudah koordinasi dengan Ketua Yayasan Az-Zikra karena kemarin sudah dibatalkan dan kemudian juga sudah disebarluaskan, baik melalui media sosial maupun media online. Kita di sini cuma mengantisipasi apabila memang ada yang datang itu kita imbau bersama dengan panitia yayasan segera pulang," kata Kepala Bagian Operasi Polres Bogor Kompol Ahmad Faisal di lokasi.

Polisi berjaga di lokasiPolisi berjaga di lokasi (Lisye Sri Rahayu/detikcom)

Kompol Faisal menegaskan izin kegiatan diskusi bertajuk 'Syiar dan Silaturahim Kekhalifahan Islam Se-Dunia 1440 H' itu tidak diberikan dan panitia juga telah membatalkan. Karena itu, mereka mengamankan agar jika ada peserta yang datang akan diimbau secara persuasif agar tidak memaksa masuk ke lokasi. Meski demikian, menurutnya, belum ada massa yang datang ke lokasi.

"Untuk sementara belum ya. Dari kemarin ya kita melakukan pengamanan di sini baik di dalam maupun di luar. Yang kita lihat memang hanya yang wisata religi saja. Dalam artian memang dari Lampung, Palembang, memang tujuannya ke sini untuk salat malam. Kemudian tadi pagi juga sudah kembali untuk melaksanakan wisata di wilayah Bogor," ujarnya.


"Sejauh ini tidak ada gangguan. Kemudian dari kelompok khilafah yang rencananya akan melaksanakan kegiatan di sini tidak ada," Kompol Faisal menegaskan.

Ditambahkan Faisal, personel yang dikerahkan mengamankan lokasi menurutnya cukup. "Dalam artian ada bantuan juga dari Polda, Brimob, dari polres, kita kerahkan di sini sifatnya untuk menjaga agar Az-Zikra tetap aman. Total itu (personel) sekitar 250-an," ujarnya.

Terkait adanya spanduk pembatalan acara di lokasi, Kompol Faisal mengaku tidak tahu karena mungkin dipasang masyarakat sekitar. Dia mengatakan, spanduk itu sementara dibiarkan terpasang dan akan diturunkan besok.

Sebelumnya, Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika Gading menegaskan Polres Bogor tetap tidak akan mengeluarkan izin diskusi bertajuk 'Syiar dan Silaturahim Kekhalifahan Islam Se-Dunia 1440 H'. Bila panitia bersikeras menyelenggarakan acara tersebut di Bogor, Polres Bogor akan menyiagakan 1.000 personel untuk mencegah terjadinya konflik.

Jajaran Polres Bogor berjaga di lokasiJajaran Polres Bogor berjaga di lokasi Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom

"Tanpa izin, panitia diminta untuk tidak mencoba-coba menggelar acara tersebut. Rencananya, polisi akan menerjunkan sekitar 1.000 personel, termasuk BKO 3 SSK (satuan setingkat kompi) Brimob, 2 SSK Sabhara, dan 500 personel gabungan TNI-Polri," kata AKBP Dicky dalam keterangan tertulis, Kamis (15/11).


Dicky menerangkan, selain karena tema diskusi berkaitan dengan khilafah, alasan polisi tidak mengizinkan kegiatan itu juga ada penolakan dari warga Bogor.

"Penolakan dari masyarakat Bogor yang diaspirasikan melalui ormas serta mahasiswa Islam di Kabupaten Bogor. Acara tersebut dianggap meresahkan yang dapat mengancam eksistensi dari NKRI. Kegiatan syiar kekhalifahan tersebut mendapatkan banyak penolakan dari masyarakat Bogor karena dinilai dapat merusak empat pilar kebangsaan," ujar AKBP Dicky.

"Salah satu pertimbangan tidak diberikannya izin acara tersebut adalah karena warga Bogor menolak acara tersebut," sambungnya.
(hri/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed