detikNews
Jumat 16 November 2018, 14:27 WIB

Cegah Rob, Tanggul Pantai Marunda Ditargetkan Selesai Akhir 2018

Eva Safitri - detikNews
Cegah Rob, Tanggul Pantai Marunda Ditargetkan Selesai Akhir 2018 Pengerjaan tanggul laut Pantai Marunda. (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menargetkan pengerjaan tanggul laut Pantai Marunda selesai pada akhir 2018. Tanggul laut itu diharapkan mampu mencegah banjir rob.

"Pokoknya sesuai target, kami harapkan pertengahan hingga akhir Desember (pengerjaan) selesai," kata Kabid Sistem Aliran Timur Dinas SDA DKI Nelson Simanjuntak saat ditemui di Kali Blencong, Pantai Marunda, Jakarta Utara, Jumat (16/11/2018).

Pantauan detikcom, pengerjaan tanggul laut, tepatnya di Kali Blencong, Pantai Marunda, Jakarta Utara, masih berlangsung. Menurut Nelson, dari target spun pile yang akan dipasang sebanyak 1.094 tiang, saat ini sudah terpancang sekitar 760 tiang.




"Jadi kita sekarang ada di pembangunan spun pile atau NCICD untuk wilayah di Kali Blencong. Jadi untuk anggaran kita tahun 2018 volume pemancangan itu ada sekitar 1.094 tiang, sekarang progres saat ini kita sudah mencapai 73 persen, sekitar 27 persen lagi sekitar 300 tiang yang kita akan kerja terus pengerjaannya hingga pertengahan Desember," papar Nelson.

Menurut Nelson, pihaknya belum menemui kendala berarti dalam pembuatan tanggul laut ini. Dalam pengerjaannya, Dinas SDA DKI juga didampingi pihak kejaksaan DKI.

"Kebetulan kan ini termasuk (program) strategi nasional. Jadi, perlu didampingi dari pihak kejaksaan untuk manfaat dan prosesnya. Jadi dari awal kami dari kejaksaan berkolaborasi untuk melihat bagaimana proses dari awal hingga akhir nanti," ujarnya.


Proses pengerjaan tanggul laut Pantai MarundaProses pengerjaan tanggul laut Pantai Marunda. (Eva Safitri/detikcom)


Dari pihak kejaksaan, yakni Kasi Pembangunan Strategis Kejaksaan Tinggi DKI Muhammad Iqbal, dipastikan proyek pembangunan tanggul ini masih berjalan dengan normal. Tidak ada penyimpangan dalam pembangunannya.

"Sepanjang tidak menyimpang dari kontrak apa yang harus ditakutkan. Kita kejaksaan dalam hal ini mendampingi secara yuridis normatif bagaimana dalam sisi kontrak apakah sudah benar. Sampai saat ini progresnya sangat signifikan," ucap Iqbal.

Proyek tanggul laut Pantai Marunda memiliki tujuan membentuk garis pantai Jakarta. Spun pile dipasang dengan kedalaman 24 meter dengan harapan tidak ada lagi pergeseran muka tanah akibat kenaikan air laut, sehingga garis pantai Jakarta bisa terukur jelas.
(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com