DetikNews
Jumat 16 November 2018, 13:24 WIB

4 Smart Toilet Bakal Dipasang di Skybridge Tanah Abang

Zunita Putri - detikNews
4 Smart Toilet Bakal Dipasang di Skybridge Tanah Abang Salah satu potret smart toilet yang terpasang di halte TransJ (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Empat unit smart toilet bakal dipasang di sekitar Skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) di Tanah Abang. Smart toilet itu disebut merupakan permintaan PT KAI.

"Toilet minimal kita sediakan 4, minimal. Rencana kita mau pakai smart toilet yang dipakai TransJakarta. Jadi permintaan PT KAI bisa tetap kita penuhi," ujar Direktur Utama PD Sarana Jaya Yoory C Pinontoan di Gedung Ombudsman, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018).

Selain itu, dia mengatakan penataan pembatas skybridge juga tengah dikerjakan. Pemasangan pembatas itu sebagai bagian dari pengamanan skybridge tersebut.

"Keamanan pembatas skybridge yang berhadapan langsung dengan stasiun, itu tinggi, itu dikhawatirkan ada orang iseng pada jalur stasiun kereta," katanya.




Sebelumnya, Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo berharap Pemprov DKI memberikan kepastian pembuatan fasilitas umum di skybridge Tanah Abang. Pemprov DKI juga diminta menyepakati soal keamanan serta pengaturan arus pejalan.

"Kita kemarin sudah bertemu dengan Ombudsman, Ombudsman juga sudah menanyakan kepada PT KAI. PT KAI juga kasih aspirasi perihal tersebut. Intinya, PT KAI mendukung penataan PKL di Jatibaru. Permohonan skybridge itu harus ada kejelasan juga tentunya misalnya seperti kesepakatan bersama dari desain, fasilitas umum, toilet, musala, keamanan, ya harus dibahas bersama," ujar Edy saat dihubungi detikcom, Selasa (13/11).

Smart toilet sudah digunakan TransJ sejak tahun lalu. Smart yang dimaksud dari toilet tersebut adalah semua menggunakan kontrol otomatis. Masuk dengan tapping yang sama dengan tapping TransJ atau KRL.

Selain itu smart toilet ini juga memiliki indikator gerak untuk menunjukkan ada orang di dalam atau tidak. Smart toilet ini juga menggunakan fan otomatis, lampu otomatis, pewangi ruangan otomatis.


(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed