DetikNews
Jumat 16 November 2018, 11:07 WIB

Diangkut Troli, Begini Tebal Berkas Dakwaan KPK di Kasus DPRD Sumut

Haris Fadhil - detikNews
Diangkut Troli, Begini Tebal Berkas Dakwaan KPK di Kasus DPRD Sumut Berkas dakwaan yang diangkut pakai troli (Foto: Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - KPK telah menyelesaikan berkas dakwaan sejumlah tersangka kasus dugaan suap anggota DPRD Sumatera Utara 2009-2014. Hasilnya adalah berkas dakwaan yang sangat tebal.

Tebalnya berkas itu terlihat saat tim penasihat hukum dari 4 terdakwa mengambil berkas dakwaan di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018).



Diangkut Troli, Begini Tebal Berkas Dakwaan KPK di Kasus DPRD SumutBerkas dakwaan yang diangkut pakai troli (Foto: Haris Fadhil/detikcom)


Keempat terdakwa yang dimaksud ialah Arifin Nainggolan, Mustofawiyah, Sopar Siburian, dan Analisman Zalukhu. Saking tebalnya, berkas itu harus diangkut menggunakan troli untuk dibawa ke mobil. Pihak pengacara yang mengambil berkas itu mengaku belum mengetahui secara pasti berapa jumlah halaman dalam dakwaan tersebut.

"Belum tahu (jumlah halamannya). Ini untuk Arifin Nainggolan dan ada 3 lainnya," ujar pengacara Bengchu Sihombing.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan 38 tersangka. Ke-38 orang itu diduga menerima suap dari mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho senilai Rp 300-350 juta per orang.

Ke-38 orang itu diduga menerima suap dari Gatot terkait persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemprov Sumut 2012-2014, persetujuan perubahan APBD Pemprov Sumut 2013 dan 2014, pengesahan APBD Pemprov Sumut 2013 dan 2014, serta penolakan penggunaan hak interpelasi DPRD Sumut tahun 2015.


Diangkut Troli, Begini Tebal Berkas Dakwaan KPK di Kasus DPRD SumutBerkas dakwaan yang diangkut pakai troli (Foto: Haris Fadhil/detikcom)
Berikut daftar tersangka yang segera disidang:

1. Rijal Sirait
2. Fadly Nurzal
3. Rooslynda Marpaung
4. Rinawati Sianturi
5. Tiaisah Ritonga
6. Muslim Simbolon
7. Sonny Firdaus
8. Helmiati
9. Mustofawiyah
10. Arifin Nainggolan
11. Sopar Siburian
12. Analisman Zalukhu


Saksikan juga video 'Ungkapan Maaf Eks Anggota DPRD Sumut Tersangka Suap Gubernur Gatot':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed