DetikNews
Jumat 16 November 2018, 09:45 WIB

Sepakat dengan Mega, PAN Akui Banyak yang Tak Positif di Kubu Prabowo

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sepakat dengan Mega, PAN Akui Banyak yang Tak Positif di Kubu Prabowo Foto: dok. Facebook
Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merasa kasihan kepada capres Prabowo Subianto karena faktor orang-orang yang ada di sekeliling Ketum Partai Gerindra itu. PAN mendukung pernyataan Mega.

"Terkait pernyataan beliau yang kasihan sama Pak Prabowo, saya sangat setuju, kritik itu harus logis," ujar Wasekjen PAN Faldo Maldini kepada wartawan, Jumat (16/11/2018).


Faldo mengakui banyak orang yang tidak positif di sekeliling Prabowo. Dia pun berharap Mega dapat memberikan bimbingan kepada pihaknya.

"Banyak yang tidak positif, hampir semua malah. Namanya kita penantang ya harus negative campaign, itu konstitusional. Data-data capaian pemerintah sekarang kita pelajari semua. Semua target tidak ada yang tercapai kok, cuma paling inflasi, itu pun kalau mau dibedah lagi, kami nemu banyak masalah lagi. Negative campaign itu semangatnya akademik, mencari yang terbaik," tuturnya.

Faldo mengaku pihaknya saat ini tidak bisa mengontrol semua orang di kubu Prabowo. Namun, dia memastikan, sama seperti Mega, PAN juga berharap orang-orang negatif di sekitar Prabowo dapat berubah menjadi lebih baik ke depannya.

"Yang tidak beradab, yang selalu kami larang dalam mengkritik, makanya kami kan tidak bisa kontrol semua. Kalau ada yang Ibu Mega, 'ibunya politisi Indonesia' temukan yang tidak beradab, kampanye hitam, dan hate speech, silakan dilado (dicabein) mulutnya. Yang begini, kami juga mau basmi semua kok. Ketidakberadabannya ya, bukan orangnya. Kalau saya bilang tidak ada yang seperti itu di tim, itu bohong namanya," kata Faldo.


Faldo mengatakan apa yang disampaikan oleh presiden ke-5 RI itu merupakan masalah semua pihak, baik Prabowo maupun capres petahana Joko Widodo (Jokowi). Dia pun berharap upaya membasmi 'ketidakberadaban' politikus dilakukan kepada kedua belah pihak tanpa tebang pilih.

"Biar, kita semua bisa belajar. Ini masalah serius untuk bangsa ini. Tentunya, harus kita kerja bersama. Tidak perlu pandang kubu Pak Prabowo atau Pak Jokowi. Ini kerja berat membangun demokrasi yang berkualitas," katanya.

"Kami ingin semuanya lebih paham substansi. Di tim Pak Petahana pun, pasti mau basmi juga yang tidak beradab. Bu Mega saya yakin mau basmi yang di PDIP. Kami hormati beliau untuk jewer kami semua kalau keluar dari keberadaban, biar politisi Indonesia ini benar semua," imbuh Faldo.

Sebelumnya, Megawati merasa kasihan kepada capres Prabowo Subianto saat ini. Mega mengaku heran terhadap karakter orang-orang yang ada di sekitar Prabowo.

Presiden ke-5 RI itu menilai orang-orang di lingkungan Prabowo sering memberikan pernyataan yang tak positif. Itu dianggap Megawati sebagai hal buruk.

"Kan kasihan ya. Kalau saya bilang, kasihan beliau. Kenapa orang di lingkungannya seperti begitu?" ujar Mega di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (15/11).


Saksikan juga video 'Prabowo Janjikan Pertumbuhan Ekonomi RI 7-8%, Praktisi: Berat!':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed