DetikNews
Jumat 16 November 2018, 09:13 WIB

Anies-Kapolda Metro Cek Kesiapan Pasukan Tanggap Banjir Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies-Kapolda Metro Cek Kesiapan Pasukan Tanggap Banjir Jakarta Foto: Anies dan Kapolda Metro cek kesiapan pasukan tanggap banjir (Arief/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi inspektur apel Kesiapan Tanggap Musim Penghujan Tahun 2018-2019 di Mapolda Metro Jaya. Pasukan yang menjadi peserta apel seperti polisi, TNI, BPBD, Satpol PP dan beberapa lembaga lain.

Apel dimulai pada pukul 08.00 WIB di Lapangan Promoter Polda Metro Jaya, Jumat (16/11/2018). Selain Anies, hadir pula Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis.

Selain pasukan, beberapa peralatan untuk tanggap banjir dipamerkan. Mobil-mobil pengangkut perahu karet diparkirkan di belakang pasukan. Ada juga ambulan dan beberapa mobil taktis.

Anies-Kapolda Metro Cek Kesiapan Pasukan Tanggap Banjir JakartaFoto: Anies dan Kapolda Metro cek kesiapan pasukan tanggap banjir (Arief/detikcom)


Dalam sambutannya, Anies menyebut apel ini bentuk kesigapan menghadapi musim hujan. Sehingga, rakyat Jakarta tidak khawatir terhadap potensi banjir.

"Ini sebagai penanda musim hujan kali ini, segala macam potensi bencana bisa kita antisipasi, mitigasi dengan baik," ucap Anies dalam amanat kepada peserta apel.



Anis pun menyebut Jakarta akan dilanda hujan beberapa bulan ke depan. Kesiapan dari semua diperlukan untuk penanganan itu.

"Laporan BMKG, musim hujan di wilayah ibukota terjadi sampai Maret. November sampai Maret (2019). Harus lakukan langkah antisipasi secara rinci dan detail," ucap Anies.

Anies-Kapolda Metro Cek Kesiapan Pasukan Tanggap Banjir JakartaFoto: Anies dan Kapolda Metro cek kesiapan pasukan tanggap banjir (Arief/detikcom)


Anies menyebut Satgas yang dibuat untuk antisipasi musim hujan bisa memberi rasa aman kepada masyarakat Jakarta.

"Dalam jangka pendek, lewat acara apel, tunjukan ke masyarakat Jakarta, seluruh jajaran kita siap tanggap dan mampu untuk galang," ucap Anies.



Setelah Apel, Anies mengecek beberapa peralatan dan perahu bersama Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis. Salah satu yang ditanya Anies adalah soal penyelamatan masyarakat jika terjadi banjir.

"Ini mampu masuk ke gang-gang sempit di Jakarta. Ini rakitan dari Brimob, karena tidak dari karet, maka terbebas dari paku atau bocor," ucap salah satu petugas.


Saksikan juga video 'Polres Jakbar Siagakan Pasukan untuk Antisipasi Banjir':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed