DetikNews
Kamis 15 November 2018, 17:45 WIB

Kemenag Uji Coba Simkah Web di 2.000 KUA

Fajar Pratama - detikNews
Kemenag Uji Coba Simkah Web di 2.000 KUA Kantor Kementerian Agama (Foto: Dok. Kemenag)
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan Sistem Informasi Pernikahan Berbasis Website (Simkah Web). Kini, Simkah Web telah diuji coba di lebih dari 2.000 Kantor Urusan Agama (KUA).

"Kami telah melakukan uji coba sebelum peluncuran resmi. Hal ini untuk memastikan sistem yang dibuat dapat berjalan dengan baik, serta meminimalisasi hambatan yang mungkin terjadi dalam penggunaan sistem ini," kata Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Mohsen di Jakarta, Kamis (15/11).


Secara resmi, Simkah Web diluncurkan pada 8 November 2018 lalu. Kemenag menyebut Simkah Web telah diterapkan oleh lebih dari 40% KUA.

"Saat ini, sudah 49 persen dari total 5.945 KUA, siap mengimplementasikan Simkah Web," tutur Mohsen.

Melalui website https://simkah.kemenag.go.id/ masyarakat bisa mendaftarkan pernikahan secara online. Di web yang sama, masyarakat dapat memberi saran dan masukan terkait pelayanan KUA.

"Survey kepuasan masyarakat ini penting untuk dilakukan. Dengan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat, kami dapat terus melakukan perbaikan pelayanan di KUA," ujarnya.


Selanjutnya, mereka yang mendaftar melalui Simkah Web juga akan memperoleh kartu nikah.

"Data yang ada di Simkah Web juga terintegrasi data e-KTP yang ada di Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil," jelas Mohsen.


Mohsen yakin keberadaan Simkah Web dapat mendorong reformasi birokrasi di lingkungan Kemenag.

"Misalnya, calon pengantin saat mendaftar online mereka akan tahu berapa biaya yang harus disetor, kemana disetornya, jadwal yang tersedia untuk melangsungkan pernikahan, dan sebagainya," tutur Mohsen.
(rna/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed