DetikNews
Rabu 14 November 2018, 18:34 WIB

Waring Dicopot, Kali Item akan Diturap Beton

Eva Safitri - detikNews
Waring Dicopot, Kali Item akan Diturap Beton Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mulai mencopot waring (jaring) yang membentang di Kali Item. Menurut Dinas SDA DKI, pencopotan waring dilakukan karena Kali Item bakal diturap.

"Nanti kan rencananya mau dicopot, kan mau di-sheetpile (diturap). Makanya daripada mengganggu, waringnya kita copot dulu. Sebenarnya sudah lama rencana mau dicopot, cuma ya kita tahan dulu," kata Kasi Operasi dan Pemeliharaan Bidang Aliran Timur Dinas SDA, Adrian Mara Maulana di kantor Dinas SDA, Jalan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (14/11/2018).




Adrian menuturkan pembuatan turap di Kali Item akan dilakukan setelah pembuatan turap di sejumlah kali selesai. Saat ini, pembuatan turap sedang berjalan di Kali Boulevard Gading Raya (BGR).

"Kan sekarang lagi sheetpile-nya di Kali BGR yang di Kepala Gading, terus ke Kali Cempaka Mas, nanti sampai ke sini (Kali Item)," terang Adrian.




Pencopotan waring Kali Item, sambung Adrian, dilakukan sejak Senin (12/11) lalu. Pencopotan akan dilakukan secara bertahap.

"Sampai sekarang aja baru 10 meter (waring yang sudah dicopot). Nanti seselesainya aja. Baru mulai dicopot itu mulai dari hari Senin, mulai dari yang ujung seberang Jembatan Marto itu, bertahap," jelasnya.

Pemasangan waring di Kali Item dilakukan menjelang perhelatan Asian Games 2018. Tujuan pemasangan waring itu awalnya untuk mengurangi bau dari Kali Item agar tak mengganggu atlet-atlet Asian Games yang menginap di Wisma Atlet.


Simak Juga 'Asian Games Usai, Apa Kabar Waring Kali Item?':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed