DetikNews
Rabu 14 November 2018, 18:17 WIB

PDIP Geram, Sutradara 'Raja Jokowi' Masih Misterius

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PDIP Geram, Sutradara Raja Jokowi Masih Misterius Poster 'Raja Jokowi' (Rinto Heksantoro/detikcom)
Jakarta -

Poster 'Raja Jokowi' yang beredar di lapangan membuat PDIP geram. Sampai kini sutradara di baliknya masih misterius.

"Itu teknik kampanye downgrade bagi capres kami. Di era demokrasi, mana ada raja? Capres kami dikasih mahkota? Semua melalui election," kata Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto saat dimintai konfirmasi, Rabu (14/11/2018).

Bambang menegaskan bukan PDIP maupun Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin yang mengeluarkan instruksi pemasangan poster 'Raja Jokowi'. PDIP melakukan penelusuran ke lapangan sampai menemui pemasang poster tersebut.

Dari penelusuran PDIP, poster jenis rontek dengan gambar Jokowi bermahkota disebar di seantero Jateng. Di setiap desa terdapat rata-rata 10 lembar. Jika ditotal dengan jumlah desa di Jateng, ada sekitar 85 ribu rontek yang dipasang. PDIP menyebut ada 10 poster 'Raja Jokowi' di tiap desa di Jateng sehingga totalnya mencapai 85 ribu buah rontek. Untuk menyebarkan poster dengan jumlah sebanyak itu, dibutuhkan dana sangat besar.

"Sekali pasang, yang memasang dapat Rp 5.000, plus bambu dan tali Rp 10 ribu. Itu angka gede, belum percetakannya, pengangkutannya, dan lain lain. Melibatkan uang besar, tidak kurang Rp 3,5 miliar sampai Rp 4 miliar," kata Bambang Wuryanto, yang juga Ketua Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Amin Jateng.


Tak hanya itu, PDIP bahkan sampai menemukan gudangnya. Meski demikian, sang sutradara utama masih misterius. PDIP pun menantang sutradara di balik black campaign ini muncul.

"Hari ini kami sampai tahap semua APK kita amankan. Tahap berikutnya menunggu sang pemilik APK bersikap kesatria. Kita akan ajak diskusi sebagai sesama anak bangsa. Saya pastikan tidak ada lecet sedikit pun," kata Bambang di kantor DPD PDIP Jateng, Jalan Brigjen Katamso, Semarang, Rabu (14/11/2018).

Misteri soal sutradara di balik poster 'Raja Jokowi' yang belum terpecahkan ini memancing spekulasi politik. Pakar komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, memandang orang di balik poster yang menampilkan Presiden Joko Widodo bak raja itu tak mengerti hukum.

"Apa pun itu, memang siapa pun yang menempatkan poster itu, yang pertama, memang tidak mengerti tentang hukum di NKRI. Terus kemudian yang kedua memang cari perhatian," ujar Hendri dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (14/11/2018).

Bukan hanya PDIP, banyak pakar hukum menerka-nerka siapa sutradara di balik poster kontroversial tersebut. Hendri mengaku kesulitan menebak sosok pelaku penyebaran poster 'Raja Jokowi'. Apakah oposisi Jokowi yang melakukannya? Hendri tak begitu yakin. Begini analisisnya.

"Sulit ya ini menerka apakah ini dilakukan oleh relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi atau sengaja oleh oposisi. Kalaupun oleh oposisi, itu kan pasti nggak cuma sejam terus naik semua tuh, nggak kelihatan oleh aparat. Pasti kan ada aparat, harusnya mengawasi," ulas Hendri.


"Kemudian di Jawa Tengah itu kan kandang PDIP ya, tentu kalau memang itu bukan pengakuan dari TKN bahwa memang bukan produk kampanye tim nasional, ya bagus, gitu. Jangan sampai ternyata itu produk timnas, apa, produk kampanye tim nasional," sebut dia.

Lalu sampai kapan sutradara di balik poster 'Raja Jokowi' ini terungkap?


(gbr/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed