Dubes Saudi Soal Eksekusi Tuti: Tak Pengaruhi Hubungan dengan RI

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 13 Nov 2018 16:18 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Dubes Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah al-Shuaibi kembali berbicara tentang eksekusi mati tenaga kerja Indonesia (TKI) Tuti Tursilawati. Dia mengatakan segala peristiwa berkaitan dengan eksekusi mati tak akan memengaruhi hubungan baik antar negara termasuk dengan RI dalam hal ini kasus TKI Tuti.

"Saya tekankan bahwa kasus-kasus yang berkaitan dengan peristiwa hukuman mati tentu tidak akan berpengaruh dengan hubungan baik dari kedua negara," kata Osama di Kedubes Arab Saudi, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018).

Osama juga menjelaskan tentang eksekusi Tuti pernah dibahas dengan pemerintah Indonesia. Saat itu, kata Osama, eksekusi Tuti dibicarakan oleh Menlu Saudi dengan pemerintah RI ketika berkunjung ke Tanah Air.

"Masalah tersebut memang pernah disinggung dan dibahas dengan bapak Menlu Saudi waktu berkunjung ke Indonesia kemudian kita susulkan dengan permintaan atau nota dari pemerintahan Indonesia meminta penjelasan apakah ada notifikasi yang telah disampaiakan kepada pihak Indonesia, sampai saat ini kita masih menanti dari pihak Saudi," jelasnya.



Osama memahami notifikasi eksekusi kepada Tuti seharusnya diketahui pihak keluarga. Namun, dia mengatakan masih menunggu konfirmasi pemerinatahan Saudi apakah sudah mengirim pemberitahuan eksekusi tersebut.

"Berkaitan dengan kasus notifikasi tadi memang merupakan suatu hak dari satu orang keluarga untuk dapat info dari sanak familinya. Namun saya masih tunggu informasi dari pemerintahan saya (Saudi), apakah pemerintah sudah terima notifikasi tersebut," jelasnya.


Simak Juga 'Soal Protes Eksekusi TKI Tuti, Bagaimana Sebetulnya Respons Saudi?':

[Gambas:Video 20detik]


(idn/idn)