DetikNews
Selasa 13 November 2018, 14:22 WIB

Sepakat dengan Gustika, Meutia Minta Bung Hatta Tak Dipolitisasi

Matius Alfons - detikNews
Sepakat dengan Gustika, Meutia Minta Bung Hatta Tak Dipolitisasi Foto: Meutia Hatta (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Seruan agar sosok Mohammad Hatta tidak dipolitisasi bukan hanya datang dari cucunya, Gustika Jusuf Hatta namun juga dari anak Bung Hatta, Meutia Hatta. Meutia juga bicara soal sosok Bung Hatta.

"Itu sudah ditegur oleh keponakan saya. Artinya ya janganlah begitu, kalau mengangkat tokoh ya tokohnya itu dengan kemampuannya sendiri," kata Meutia di Aula Gedung A Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018).



Meutia berpendapat bisa saja seseorang meneladani sosok Bung Hatta namun tidak perlu menyama-nyamakan. Baginya, belum ada tokoh yang benar-benar mencerminkan wakil presiden pertama RI itu.

"Saya kira enggak ada sih. Mungkin niat ada, tapi pelaksanaan belum. Artinya itu harus ada kepedulian. Ingin meniru nggak apa-apa dan belajarlah untuk itu," ungkapnya.

Gustika Hatta / Gustika Hatta / Foto: Sudrajat/detikcom


Bagi Meutia, sang ayah adalah orang yang mencintai tanah airnya dan rela berkorban. Salah satu bentuk pengorbanan Bung Hatta itu adalah kedisiplinannya.

"Disiplin itu salah satu pengorbanan, harus konsisten apa yang dia lakukan dan tidak berpikir untuk dirinya sendiri. Beliau belajar sampai memiliki suatu kemampuan tertentu, terpelajar tapi setelah terpelajar itu untuk bangsa dan tanah air makanya timbul tulisan 800 judul itu. Itu hasil belajar dia, nasehat-nasehat bagaimana harus menjadi kepala negeri ini dan bersatu sebagai bangsa," papar Meutia.



Dia kemudian menyisipkan pesan untuk para calon pemimpin. "Kami ingin pemimpin itu akan membangun rakyat, jadi siapapun pemimpinnya, apa sih yang harus dibangun, nah bacalah amanah para pendiri negara termasuk Bung Hatta," ujar Meutia.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed