DetikNews
Selasa 13 November 2018, 14:11 WIB

Kapolda Papua: KKB di Lanny Jaya Punya Senjata Canggih

Wilpret Siagian - detikNews
Kapolda Papua: KKB di Lanny Jaya Punya Senjata Canggih Foto: Kapolda Papua Irjen Martuani (Wilpret-detik)
Jayapura - Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin, menduga kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Lanny Jaya, Papua, disinyalir memiliki senjata canggih. Dia juga meyakini ada 60 KKB di Lanny Jaya di bawah komando Purom Wenda.

"Dari Analisis kami mereka (Purom Wenda) ada sekitar 60-an anak buah dan dilengkapi dengan 40 senjata," ujar Martuani Sormin saat menggelar pertemuan bersama awak media di Mapolda Papua, Selasa (13/11/2018).



Ia menerangkan senjata yang dimiliki Purom dan anak buahnya merupakan senjata dari hasil rampasan saat melakukan aksi penyerangan baik terhadap anggota TNI maupun Polri yang bertugas di wilayah pegunungan Papua.

"Kita tidak pungkiri mereka memiliki senjata jenis Arsenal yang dirampasan dari anggota Brimob di Puncak beberapa tahun lalu, selain itu juga ada Minimi milik TNI, serta AK 47 dan senjata laras panjang lainnya termaksud dengan amunisinya," jelasnya.

Lanjut Sormin, sejauh ini pihaknya sudah melakukan upaya pengejaran terhadap kelompok dari pimpinan Purom Wenda serta anak buahnya di wilayah Lanny Jaya. Beberapa waktu lalu dirinya bersama dengan beberapa pejabat pemerintahan dan personil gabungan mengunjungi Distrik Balingga yang diduga sebagai basis dari kelompok tersebut.



"Kami sudah dirikan pos keamanan di sana guna mengantisipasi aksi dari KKB tersebut, termasuk penengakan hukum. Kami tau tempat persembunyian mereka, tidak jauh dari Pos Pengamanan yang dibangun, memang jarak pandang dekat hanya 3 bukit, tetapi kalau dijangkau dengan jalan kaki bisa berhari-hari karena medan yang berat," ungkapnya.

KKB di Lanny Jaya beberapa kali bertindak anarkis. Salah satu tindakan anarkisnya ialah ketika memberondong tukang ojek di Lanny Jaya dengan tembakan pada awal November 2018 lalu. Terakhir, KKB juga sempat baku tembak dengan TNI-Polri di Lanny Jaya pada 3 November lalu.


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed