DetikNews
Selasa 13 November 2018, 11:23 WIB

Berjasa di Bidang IPTEK, 3 Ilmuwan Diganjar Habibie Award

Zunita Putri - detikNews
Berjasa di Bidang IPTEK, 3 Ilmuwan Diganjar Habibie Award Foto: Tiga ilmuwan penerima Habibie Award. (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Tiga ilmuwan dari berbagai bidang menerima Habibie Award dari Yayasan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Para ilmuwan itu diganjar Habibie Award karena dianggap berjasa dalam pengembangan IPTEK di Tanah Air.

Acara pemberian penghargaan diselenggarakan di Hotel Le Meriden, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018). Habibie Award ini diberikan langsung oleh salah seorang cucu Habibie, Nadia Sofia Fitri Dahlia Habibie.

Ketiga ilmuwan yang mendapatkan Habibie Award yakni Prof dr Eng Mikrajuddin Abdullah (bidang ilmu dasar) dan Prof dr Rovina Ruslami SpP, PhD (ilmu kedokteran). Terakhir, Prof dr Edvin Aldrian B. Eng, M.Sc (ilmu rekayasa).




Ketua Pengurus Yayasan SDM IPTEK, Wardiman Djojonegoro mengatakan Habibie Award diberikan kepada ilmuwan-ilmuwan terpilih. Penghargaan tersebut diberikan kepada para ilmuwan yang telah berinovasi demi peningkatan IPTEK di Indonesia.

"Tujuan pemberian Habibie Award oleh Yayasan SDM Iptek memberikan penghargaan kepada perseorangan atau badan yang dinilai sangat aktif dan berjasa besar dalam menemukan, mengembangkan, dan menyebarluaskan berbagai kegiatan IPTEK yang baru, serta bermanfaat secara berarti bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan dan perdamaian," kata Wardiman dalam sambutannya.

Wardiman mengaku bangga dengan sumbangsih yang diberikan tiga ilmuwan ini. Dia berharap tiga ilmuwan itu bisa memotivasi ilmuwan lainnya agar berprestasi di bidang IPTEK.




"Kami di IPTEK selalu bangga dengan prestasi ilmuwan. Semoga ini bisa mendorong tidak hanya kepada ilmuwan, tapi juga prestasi yang lain. Jadi bapak dan ibu yang jadi pemenang, bisa jadi motivator ke ilmuwan riset Indonesia," ujar Wardiman.

Berikut profil singkat tiga ilmuwan yang mendapatkan penghargaan Habibie Award:

- Prof dr Eng Mikrajuddin Abdullah
Ahli fisika nanometerial dengan hasil riset di bidang nano sintesis, karakterisasi, dan pengembangan teori. Abdullah juga ilmuwan yang memiliki karya 44 buku dan 89 makalah ilmiah internasional sehingga memiliki h-index scopus 19.

- Prof dr Rovina Ruslami SpP, PhD
Rovina adalah ahli Tuberkulosis (TB) khususnya bidang obat-obatan TBC dan pengobatan maningitis TB. Dia juga memiliki scopus h-index 14 yang cukup tinggi melalui pubmed (rujukan medical database bagi ilmuwan kedokteran).

- Prof dr Edvin Aldrian B. Eng, M.Sc
Advin saat ini menjabat sebagai professor di bidang mateorologi dan klimatologi pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Adrian juga aktif sebagai Anggota Dewan Panel PBB yaitu Intergovermental Panel on Climate Change (IPCC) menjabat sebagai Wakil Ketua I.

Sekadar informasi, Yayasan SDM IPTEK adalah yayasan yang didirikan oleh keluarga Presiden ke-3 BJ pada 12 Mei 1997. Habibie Award sudah diberikan sejak tahun 1999 kepada ilmuwan-ilmuwan yang berjasa dalam pengembangan IPTEK di Tanah Air.
(zap/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed