DetikNews
Senin 12 November 2018, 18:23 WIB

Langkahi Makam Pendiri NU, Sandiaga Didemo Santri di Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Langkahi Makam Pendiri NU, Sandiaga Didemo Santri di Jombang Massa santri berdemo di Jombang, Jawa Timur. (Eko/detikcom)
Jombang - Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, didemo massa santri di Jombang, Jawa Timur. Massa santri mendesak Sandiaga minta maaf karena melangkahi makam KH Bisri Syansuri, yang videonya viral di medsos.

Desakan itu datang dari massa santri yang mengatasnamakan diri Masyarakat Peduli Ulama. Sembari membentangkan spanduk, mereka melakukan long march dari kawasan Ringin Contong ke makam KH Bisri Syansuri di Desa Denanyar, Jombang Kota. Mereka akan berziarah ke makam tokoh pendiri NU tersebut.

Koordinator Masyarakat Peduli Ulama Faizudin Bilmuntakobat mengatakan aksi ini merupakan wujud keprihatinan adanya tokoh yang melangkahi makam saat berziarah ke makam KH Bisri Syansuri.



"Kepada tokoh Indonesia yang telah berziarah ke makam ulama besar kita yang tak mengindahkan sopan santun, tuntutan kami kepada tokoh tersebut untuk segera meminta maaf secara terbuka dan mengakui kesalahan, saat berziarah tak mengindahkan tata krama," kata Faizudin kepada wartawan, Senin (12/11/2018).

Dia menjelaskan ziarah makam merupakan budaya pesantren. Seperti diketahui, KH Bisri Syansuri merupakan ulama besar yang ikut mendirikan NU di Indonesia. Jika desakan agar Sandiaga meminta maaf tak diindahkan, pihaknya menyerahkan kepada masyarakat untuk menilai sosok cawapres nomor 2 tersebut.



"Kalau tak diindahkan, kami persilakan masyarakat menilai tokoh tersebut yang tidak mempedulikan tata krama atau sopan santun berziarah," terangnya.

Di media sosial sedang ramai diperbincangkan satu video yang menampilkan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tengah berziarah dan menabur bunga di makam KH Bisri Syansuri. Video itu jadi ramai diperbincangkan karena Sandiaga tampak melangkahi makam salah satu pendiri NU tersebut.

Video itu berdurasi 15 detik. Sandiaga, yang mengenakan sarung dan berkopiah hitam, awalnya menabur bunga di makam tersebut. Sandi lalu melangkah. Prabowo, yang juga menabur bunga, hendak berpindah ke makam selanjutnya, memilih melipir ke pinggir sebelum beranjak.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, menegaskan video tersebut merupakan rekaman lama. Saat itu, Prabowo dan Sandi sedang menghadiri Hari Santri pada 22 Oktober 2018 di Jombang. Andre menegaskan Sandi tak berniat sengaja melangkahi kuburan tersebut.


Simak Juga 'Viral Video Sandiaga Langkahi Makam Pendiri NU':

[Gambas:Video 20detik]


Langkahi Makam Pendiri NU, Sandiaga Didemo Santri di Jombang

(rvk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed