DetikNews
Senin 12 November 2018, 16:02 WIB

Tanah Novanto di Bekasi Resmi Jadi Milik Negara

Isal Mawardi - detikNews
Tanah Novanto di Bekasi Resmi Jadi Milik Negara Kepala BPN Bekasi Muhammad Irdan. (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - BPN Bekasi telah menerima sertifikat tanah milik Setya Novanto dari KPK. Penyerahan sertifikat ini merupakan tindak lanjut dari pembayaran ganti rugi tanah Novanto di Jatiwaringin, Bekasi, senilai Rp 6,4 miliar.

Kepala BPN Kota Bekasi Muhammad Irdan mengatakan tanah milik Novanto di Bekasi itu sudah menjadi milik negara. Tanah tersebut akan digunakan untuk salah satu proyek infrastruktur pemerintah.




"Sudah kita serahkan satu aset Pak Setya Novanto, dalam hal ini menjadi pihak yang berhak dalam rangka pembangunan jalan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Pada sore ini, BAP sudah ditandatangani. Demikian ganti kerugian atas nama Setya Novanto, dengan demikian sudah diserahkan kepada negara," kata Irdan di kantor BPN Kota Bekasi, Jalan Chairil Anwar, Bekasi, Senin (12/11/2018).

Irdan menuturkan, karena sudah jadi milik negara, sertifikat tanah atas nama Novanto itu akan dihapus. "Sertifikat itu nanti dihapus atau dimatikan. Tanah itu punya negara, digunakan untuk (proyek) kereta cepat," ujar Irdan.




Sebelumnya, KPK telah menerima duit Rp 6,4 miliar dari pembayaran ganti rugi tanah milik Novanto di Jatiwaringin, Bekasi. Jumlah tersebut menjadi bagian untuk melunasi uang pengganti korupsi e-KTP yang dibebankan kepada Novanto.

"Kantor BPN Bekasi membayarkan uang pengganti untuk tanah Setya Novanto yang dilewati jalur kereta cepat Bandung-Jakarta sebesar Rp 6.435.322.000," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (12/11).
(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed