Petugas Perbaiki Jalan Longsor di Setu Cipayung Arah Bekasi

Rolando Fransiscus - detikNews
Senin, 12 Nov 2018 13:51 WIB
Foto: Rolando - detik.com
Jakarta - Jalan di kawasan Setu Cipayung, Jakarta Timur yang longsor mulai diperbaiki. Sejumlah petugas gabungan dari pasukan oranye dan Sudin Sumber Daya Air (SDA) mulai memasang kayu dolken dan batu beronjong di pinggir kali untuk mencegah tanah longsor kembali.

"Tadi pagi sudah dari Sudin SDA sudah hadir, semuanya lah, dari kecamatan, dari Bina Marga, dari semunya lah. Kondisi sekarang sedang pengerjaan pemasangan dolken, dolken itu semacam kayu, nantinya kan pembuatan beronjong, batu kali yang tersusun." kata Lurah Kecamatan Setu, Cipayung, Wahyu Dwi Kesdianto di lokasi kejadian, Senin (12/11/2018).

Lokasi longsor tepatnya berada di Jalan Tiu RT 003/04 Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Wahyu menutukan longsor terjadi pada Minggu (11/11) kemarin. Tanah pada tebing Kali Sunter itu longsor karena derasnya aliran air kali.

"Kejadiannya kemarin Minggu, kejadiannya kan nggak langsung brek (longsor) gitu ya, jadi durasinya dari jam 13.00 WIB sampai jam 15.00 WIB proses longsornya itu. Jadi yang longsor tanah, jalan, tebingan kali karena ada arus yang cukup kuat dari Kali Sunter," ujar Wahyu.

Petugas Perbaiki Jalan Longsor di Setu Cipayung Arah BekasiFoto: Rolando - detik.com
Saat ini kata Wahyu sudah dilakukan pengamanan di lokasi kejadian. Wahyu mengatakan tidak ada korban dari peristiwa longsor di jalan alternatif Jakarta-Bekasi ini.

"Setelah itu kita utamakan proses pengamanan lalu lintasnya dulu, turun dari Pol PP, Dishub, dari Kelurahan, PPSU, sampai dengan paginya ini tadi. Nah, ini proses untuk pengamanan lalu lintas masyarakat atau warga jangan sampai terperosok ke longsoran itu" jelasnya.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 13.29 WIB, ada sekitar 11 orang petugas pasukan oranye yang memasang kayu dolken dan batu beronjong. Wahyu menegaskan, kendaraan roda 4 belum bisa melintas selama penanganan.

"Ini kan aksesnya masih kita tutup untuk roda empat, karena untuk keamanan bersama, dimohon kesabaran dari masyarakat yang biasa melewati Jalan Kramat Tiu. Ini kan memang akses perbatasan Bekasi sama Jakarta. Tapi ini bukan satu-satunya jalan. Jadi Kramat Tiu sendiri kita ada 3 akses, satu yang Sumir, 2 yang waduk Tiu, yang satu lagi PLN, sama jalan tembusannya jalan Hankam Raya" katanya. (idn/idn)