detikNews
Sabtu 10 November 2018, 16:23 WIB

Off-roader Evakuasi Mobil Korban Likuifaksi di Balaroa Sulteng

Jafar Bua - detikNews
Off-roader Evakuasi Mobil Korban Likuifaksi di Balaroa Sulteng Off-roader datang membantu warga mengevakuasi mobil yang tertimpa puing maupun terendam air. (Jafar Bua/detikcom)
Palu - Komunitas jip di Palu mendatangi kawasan yang mengalami fenomena likuifaksi di kompleks Perumnas Balaroa, Sulawesi Tengah. Jip yang dibawa ke lokasi akan mengevakuasi mobil warga yang tertimbun tanah ataupun terendam air.

"Insyaallah ini bisa membantu warga yang mau menyelamatkan lagi mobil mereka yang sudah tertelan likuifaksi dan masuk dalam kubangan air. Siapa tahu ada onderdilnya yang masih bisa dimanfaatkan atau mobilnya bisa diperbaiki lagi," kata salah satu off-roader, Abdul Azis, di lokasi likuifaksi, Balaroa, Sabtu (10/11/2018).


Para off-roader datang tanpa dibayar. Mereka mengevakuasi mobil warga yang tenggelam dalam kubangan air karena dampak likuifaksi.

Salah satu mobil yang tenggelam dipasangi laberang (tali-temali yang biasa dipakai untuk kapal) yang dikatrol dari jip mereka yang mesinnya sudah dimodifikasi menjadi lebih kuat.


Sekali beraksi, ada empat mobil jip jenis Jimny yang bekerja. Satu mobil menjadi anchor dan tiga mobil yang bekerja menarik mobil warga. Tentu saja upaya mereka tidak mudah. Bahkan ada mobil warga yang tertarik ke arah kubangan air yang lebih dalam sehingga harus ditarik lagi ke arah berlawanan.

"Kemarin ada yang menawarkan warga untuk membantu mereka menarik mobil mereka yang sudah tertimbun atau tenggelam. Tentu dengan bayaran. Hari ini kami membantu warga tanpa bayaran sepeser pun," ujar off-roader lainnya, Muharram Nurdin, yang juga Wakil Ketua DPRD Sulteng.


Direncanakan, mereka akan terus bekerja membantu warga yang membutuhkan jasa mereka. Kapan pun diminta oleh warga.


Simak Juga 'Wilayah Likuifaksi Sulteng Direkomendasikan untuk Ditimbun Tanah':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed