DetikNews
Kamis 08 November 2018, 08:24 WIB

Habiburokhman: Sangat Baik Jika Yusril Dorong PBB Dukung Prabowo

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Habiburokhman: Sangat Baik Jika Yusril Dorong PBB Dukung Prabowo Foto: Habiburokhman (Ari Saputra)
Jakarta - Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman keberatan dengan pernyataan Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra terkait Pileg 2019. Agar PBB meroket, Habiburokhman meminta Yusril mendorong PBB mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Sikap Bang Yusril Ihza Mahendra yang seolah menyalahkan Paslon Prabowo-Sandi terkait sikap PBB yang belum resmi memberikan dukungan menurut saya tidak tepat. Saya baca di media jika Bang Yusril mempertanyakan strategi yang disiapkan agar partai-partai pendukung pasangan tersebut juga berjaya di pileg," kata Habiburokhman dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (8/11/2018).


Pemilu kali ini menurut Habiburokhman sangat liberal. Jadi, soal caleg yang akan dipilih masyarakat menurutnya bukan karena faktor pasangan di pilpres, dalam hal ini Prabowo-Sandi. Dia juga mempertanyakan Yusril yang mengungkit pemilu di Indonesia dan di Malaysia.

"Sistem Pemilu Legislatif dalam UU Pemilu kita sangat liberal, yakni siapa caleg yang memperoileh suara terbanyak dalam satu partai dialah yang akan terpilih lebih dahulu. Jadi persaingan di pemilu legislatif kita bukan hanya terjadi antarpartai, persaingan bahkan sering lebih sengit terjadi di internal partai antarcaleg dalam satu daerah pemilihan," kata dia.

"Dengan kondisi seperti ini, bagaimana mungkin Pak Prabowo dan Pak Sandi dimintai tanggung jawab untuk menjamin berjayanya seluruh partai-partai pendukungnya di pileg sementara di sisi lain kerja pemenangan pilpres saja sudah sangat berat," tegas Habiburokhman.


Habiburokhman memandang, berjayanya partai-partai pendukung Prabowo-Sandi di pileg akan sangat tergantung bagaimana masing-masing caleg pada partai tersebut mencitrakan diri kepada masyarakat bahwa mereka adalah caleg pendukung Prabowo-Sandi. Menurut pengalamannya di daerah pemilihan, semakin dia menunjukkan dirinya merupakan pendukung pasangan nomor urut 02, masyarakat semakin mudah menerima. Karenanya, Habiburokhman meminta Yusril mendorong PBB mendukung Prabowo-Sandi.

"Harapan saya daripada Bang Yusril berusaha membawa gerbong PBB untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, akan sangat baik jika Bang Yusril mendorong PBB untuk segera secara resmi mendukung Prabowo-Sandi. Saya yakin dengan demikian elektabilitas PBB akan meroket dan insyaallah lolos parlemen threshold 4%," sebut Habiburokhman.
(gbr/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed