ADVERTISEMENT

Sriwijaya Air Sebut Durian di Pesawat SJ 091 Kurang dari 3 Ton

Indah Mutiara Kami - detikNews
Selasa, 06 Nov 2018 13:35 WIB
Ilustrasi durian (Foto: Istimewa)
Jakarta - Penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 091 Bengkulu-Jakarta sempat memprotes bau durian menyengat sehingga akhirnya durian itu diturunkan. Manajemen Sriwijaya Air membantah durian di pesawat seberat 3 ton seperti kabar yang viral.

"Perlu diketahui bahwa kurang-lebih 3 ton adalah jumlah total berat bagasi dan kargo, di mana di dalamnya ada durian tersebut. Dan angka itu juga masih jauh dari kapasitas MTOW (maksimum untuk melakukan take off dan landing)," kata Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Group Retri Maya dalam keterangan tertulis, Selasa (6/11/2018).



Maya mengatakan pengangkutan durian ke pesawat tidak menyalahi aturan dalam penerbangan. Syaratnya, durian itu dikemas dengan baik dan masuk ke kargo pesawat.

"Sesuai arahan dan kebijakan perusahaan, Sriwijaya Air tidak akan menerbangkan pesawat, apabila pesawat tersebut tidak layak dan membahayakan seluruh penumpang dan kru," ungkap Maya.

Sebelumnya diberitakan, informasi soal bau durian di pesawat itu jadi viral lewat unggahan Amir Zidane di Facebook. Peristiwa ini terjadi pada Senin (5/11) kemarin di Bengkulu.



Amir menyebut aroma durian yang menyengat membuat penumpang memprotes awak kabin sehingga akhirnya penumpang turun dari pesawat. Saat bertanya ke petugas soal jumlah durian di pesawat, Amir mengatakan petugas itu menyebut 'ada sekitar 3 ton'.

Dia menyebut sempat ada perdebatan antara penumpang dan petugas sehingga akhirnya durian diturunkan dari pesawat. Setelah itu, barulah pesawat diterbangkan.



Tonton juga 'Wew! Gara-gara Durian, Mahasiswa di Australia Dievakuasi':

[Gambas:Video 20detik]




Sriwijaya Air Sebut Durian di Pesawat SJ 091 Kurang dari 3 Ton
(imk/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT