2 Maling Motor Sadis di Sumsel Ditembak Polisi

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 31 Okt 2018 11:38 WIB
Foto: Senpi milik Chairul Anwar (Raja-detik)
Palembang - Dua pelaku pencuri sepeda motor bersenjata api ditangkap Reskrim Polres Ogan Komering Ulu di Sumatera Selatan. Kedua pelaku ditembak karena melawan saat ditangkap.

"Dua pelaku ini komplotan curamor yang punya senjata api. Jadi saat beraksi ada empat orang dan baru dua yang berhasil kami tangkap," ujar Kasat Reskrim Polres OKU, AKP Alex Adryan di Mapolres, Rabu (31/10/2018).

Kedua pelaku yang ditangkap itu adalah Chairul Anwar (28) dan Ricky Prathama (19). Keduanya merupakan warga Bukit Napuh, Matapura, OKU Timur dan kerap beraksi di sekitar wilayah Baturaja, OKU.



"Sepekan yang lalu mereka beraksi dan menodong warga yang lagi nongkrong. Awalnya mereka pura-pura nanya soal alamat, tetapi satu orang lagi langsung nodong senjata rakitan, yang lain ambil motor dan dibawa kabur," kata Alex.

Mendapat laporan tersebut, Sat Reskrim langsung bertindak cepat. Kedua pelaku berhasil ditangkap saat akan kembali ke rumahnya di Martapura, Oku Timur.

"Kemarin saat akan ditangkap Chairul ini mengeluarkan senpi rakitan, dia menembak ke arah petugas. Terpaksa diambil tindakan tegas dan ditembak pada bagian kakinya sebagai upaya melumpuhkan," sambung Alex.



Selain Chairul dan Ricky, Alex mengaku tengah memburu komplotan curanmor lain. Sementara kedua pelaku ini, polisi mengamankan lima unit sepeda motor hasil curian. Ada pula sepucuk senjata api rakitan berikut empat butir amunisi aktif.

Atas perbuatannya, para pelaku terpaksa harus mendekam di balik jeruji. Keduaya dijerat Pasal 356 dengan ancaman lebih dari 5 tahun penjara. (ras/rvk)