detikNews
Selasa 30 Oktober 2018, 17:31 WIB

90 Tahun Sumpah Pemuda

Gembiranya Pemuda Banten Kirab Merah Putih Keliling Kota

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Gembiranya Pemuda Banten Kirab Merah Putih Keliling Kota Pawai Merah Putih di Serang (bahtiar/detikcom)
Serang - Ribuan santri dan pemuda asal berbagai daerah di Banten melakukan pawai dan kirab bendera Merah Putih berkeliling Kota Serang dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda. Tiap peserta membawa bendera dan berikat kepala Merah Putih.

Selain ribuan santri dan unsur pemuda Banten, siswa dari berbagai sekolah ikut dalam pawai dengan tema 'Kirab Merah Putih' ini. Berbagai ormas pemuda, termasuk ormas keagamaan, ikut serta dalam rombongan.

Selain itu, pawai menampilkan kesenian pencak silat, bandrong, barongsai, dan reog. Pawai mengambil rute Jl Veteran ke arah Alun-alun Timur, Jl Ki Masjong sampai Alun-alun Barat Kota Serang.

Seorang santri asal Cilegon, Wahyu, mengatakan ia sengaja turun ke jalan untuk mengajak warga mengibarkan bendera Merah Putih. Selain itu, momen Sumpah Pemuda, menurutnya, jadi kesempatan untuk menguatkan kecintaan terhadap NKRI.

"Ini momen Sumpah Pemuda sekaligus untuk menguatkan kecintaan untuk NKRI," kata Wahyu di Alun-alun Barat Kota Serang, Banten, Selasa (30/10/2018).

Sementara itu, Kapolda Banten Brigjen Teddy Minahasa mengatakan kirab Merah Putih diinisiasi untuk menegaskan kembali bahwa Indonesia didirikan dan dibesarkan atas kesepakatan beberapa pihak. Termasuk ulama dan pemuda, dengan berbagai latar belakang.

"Apabila ada upaya menggantikan Pancasila, para pemuda ingin saya getok hatinya untuk bangkit melawan itu semua," tegasnya.
(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com