DetikNews
Sabtu 27 Oktober 2018, 14:39 WIB

Keteladanan Bung Hatta

Pesan Bung Hatta: Hidup Tak Perlu Mewah, Nama Baik Harus Dijaga

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Pesan Bung Hatta: Hidup Tak Perlu Mewah, Nama Baik Harus Dijaga Meutia Hatta (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden pertama RI Mohammad Hatta mengajari ketiga anaknya hidup sewajarnya saja. Hidup tak harus berlebihan atau bermewah-mewah.



Kepada Meutia Farida, Gemala Rabi'ah, dan Halida Nuriah, Bung Hatta mewanti-wanti agar mereka menjaga nama baik. "Kita hidup secukupnya saja, tidak harus bermewah-mewah. Kita hanya punya nama baik dan itu yang harus kita jaga," kata Bung Hatta kepada Meutia seperti dituturkan dalam wawancara khusus dengan detikcom yang tayang hari ini, Sabtu (27/10/2018).



Tak hanya mengajarkan, Bung Hatta memberikan suri teladan. Menurut Halida, putri bungsu si Bung, ayahnya adalah sosok yang lurus dan bersih. Laku hidup lurus dan bersih ini membuat banyak orang sebal terhadap Bung Hatta.

Sejumlah pejabat kala itu berusaha mencari-cari kesalahan Bung Hatta. Namun hingga kini tak ada yang bisa menemukan kesalahannya.

"Bung Hatta adalah seorang negarawan pendiri republik yang selalu berjiwa konstruktif. Langkahnya bersih, orang kadang sebal nih orang kok bersih banget ya," kata Halida.

Setelah tak jadi wakil presiden, Hatta hidup dari uang pensiun dan tinggal di rumah yang dia beli sendiri. Dia mendidik anak-anaknya hidup apa adanya.

"Waktu saya lahir, ayah saya masih wapres, satu tahun ayah saya sudah mundur dari wapres. Kita melihat ayah masih dihormati, ayah mendidik anak-anak sesuai dengan keadaan, ayah hidup dari uang pensiunan, tinggal di rumah yang dibeli sendiri," kata Halida saat mengisi Roadshow Bung Hatta Anti-corruption Award (BHACA) di Universitas Udayana, Jimbaran, Bali, Kamis (27/9).
(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed