DetikNews
Kamis 25 Oktober 2018, 16:46 WIB

PDIP: Jokowi Tak Pernah Janji Memproduksi Esemka, Dia Bukan Toyota

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
PDIP: Jokowi Tak Pernah Janji Memproduksi Esemka, Dia Bukan Toyota Jokowi saat berpose di depan mobil Esemka. (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dirinya hanya mendukung produksi Esemka. Jokowi tak pernah berjanji memproduksi Esemka. PDI Perjuangan menegaskan sikap Jokowi sejak awal memang hanya mendukung Esemka.

"Semua orang juga tahu bahwa dia memberi dukungan untuk siapa yang akan memproduksi itu. Dia tidak pernah mengatakan bahwa dia akan memproduksi mobil karena memang bukan kapasitas dia untuk memproduksi itu," kata Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

"Salah aja orang membuat interpretasi Pak Jokowi akan memproduksi mobil. Pak Jokowi kan bukan Toyota," tegas Andreas.

Dikatakannya, semua orang sebenarnya sudah tahu bahwa Jokowi bukan pengusaha dalam bidang produksi mobil. Kemunculan Esemka memang beriringan dengan moncernya nama Jokowi saat masih menjadi Wali Kota Surakarta. Jokowi saat itu bersikap mendukung setiap potensi usaha, termasuk mendukung pengembangan mobil Esemka.

Kata Andreas, Indonesia belum bisa memproduksi mobil sendiri setelah sekian lama merdeka. Dia menyebut dukungan Jokowi terkait produksi Esemka merupakan hal yang sangat positif.

"Dan Pak Jokowi pada posisi memberi dukungan untuk itu. Bahwa kemudian yang memproduksi bukan Pak Jokowi, saya kira sangat wajar karena beliau bukan produsen mobil," tegasnya.

Mobil Esemka menjadi pembicaraan sejak Jokowi menjabat Wali Kota Surakarta. Kini Jokowi telah menjadi presiden. Sebagai kepala pemerintahan, dia mendukung usaha mewujudkan cita-cita Esemka.

"Sebagai wali kota saat itu, saya dukung upaya mereka. Sekarang pun begitu. Industri yang kerjakan, pemerintah hanya mendukung," kata Jokowi.

"Masa Presiden buat pabrik dan bikin mobil Esemka sendiri," tandas Jokowi.



Saksikan juga video 'Jokowi Buka-bukaan soal Nasib Mobil Esemka':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed