Jokowi: Saya Hanya Dukung, Masa Presiden Bikin Esemka Sendiri

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 25 Okt 2018 13:55 WIB
Jokowi dan Mobil Esemka (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Hingga saat ini, mobil Esemka menjadi pergunjingan karena dinilai hanya menjadi kendaraan politik Joko Widodo (Jokowi). Mobil Esemka itu belum juga diproduksi massal. Kini Jokowi menjelaskan soal itu.

"Mobil Esemka itu produk uji coba anak-anak SMK Surakarta dibantu teknisi perusahaan besar," kata Jokowi lewat akun Twitter resminya, @jokowi, Kamis (25/10/2018).


Mobil Esemka menjadi pembicaraan sejak Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Kini Jokowi telah menjadi Presiden. Sebagai kepala pemerintahan, dia mendukung usaha untuk mewujudkan cita-cita Esemka.

"Sebagai wali kota saat itu saya dukung upaya mereka. Sekarang pun begitu. Industri yang kerjakan, pemerintah hanya mendukung," kata Jokowi.


"Masak Presiden buat pabrik dan bikin mobil Esemka sendiri," tandas Jokowi.

Dalam akun Facebook-nya, Jokowi juga menulis terkait isu mobil Esemka. Mobil itu awalnya adalah uji coba anak-anak SMK di Surakarta dibantu beberaapa teknisi perusahaan-perusahaan besar. Sebagai Wali Kota saat itu, dia mendukung upaya anak-anak SMK itu. Bila Esemka memenuhi sejumlah aspek, Esemka bisa menjadi properti industri yang tak terkait dengan pemerintah.

"Seperti saat ini, Esemka sudah dikerjakan dan dikembangkan penuh oleh industri tanpa campur tangan pemerintah dalam proses produksinya. Tentu bukan Presiden yang buat pabrik sendiri dan bikin mobil Esemka sendiri," tuturnya.



Saksikan juga video 'Jokowi Buka-bukaan Soal Nasib Mobil Esemka':

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/fjp)