PDIP soal Jokowi Kelepasan 'Sontoloyo': Dia Berterus Terang

Tsarina Maharani - detikNews
Kamis, 25 Okt 2018 11:58 WIB
Presiden Jokowi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengkritik Presiden Jokowi yang mengaku kelepasan saat berbicara tentang 'politikus sontoloyo'. PDIP menyebut Jokowi mencoba berterus terang.

"Pak Jokowi hanya nunjukin dan berterus terang, dia lagi jengkel karena public discourse (diskursus publik) urusannya remeh-temeh," kata Sekretaris Badan Pelatihan dan Pendidikan DPP PDIP, Eva Kusuma Sundari, kepada wartawan, Kamis (25/10/2018).


Eva mengatakan Jokowi selama ini mengendalikan diri. Dia menilai apa yang dilakukan Jokowi mirip seperti Presiden RI pertama, Sukarno, yang pernah menyebut tokoh egois 'sontoloyo'.

"Dia selama ini mengendalikan diri, tapi sekarang semua orang tahu bahwa dia capable untuk emosional juga, cuma nggak milih cara emosional. Ini seperti tahun 1945 ketika BK (Bung Karno) menghardik 'sontoloyo' ke para para tokoh yang egois, hanya mikir kepentingan kelompok, tidak peduli kepentingan bangsa," sebutnya.

Eva kemudian balik menuding kubu Prabowo-Sandi sebagai pembuat kegaduhan. Ia mencontohkan kasus hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet dan isu tempe setipis kartu ATM.

"Oposisi yang bikin gaduh karena ahli dan strategi utamanya gitu, jurus mabuk. Lihat saja kasus oplas, tempe, cost of living Jakarta lebih mahal dari Singapura, sampai pakai gestur rambut petai. Lucu sih, karena nggak ada gagasan yang bisa jadi diskusi publik," tutur Eva.


Frasa 'politikus sontoloyo' disampaikan Jokowi lantaran sudah begitu kesal terhadap cara-cara politik kotor. Keceplosan Jokowi tersebut dianggap kubu Prabowo sebagai bentuk kontrol diri yang lemah.

"Sangat tidak pantas, saya pikir. Kenapa? Karena yang namanya presiden itu adalah pemimpin tertinggi, dia harusnya politisi yang jadi contoh, bukan cuma untuk politisi lho, seluruh anak negeri," kata koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak.


Simak Juga 'Politik Sontoloyo Jokowi Sindir Siapa?':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/idh)