Tinggal di Bui, PNS Korup di Aceh Ini Masih Terima Gaji

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 23 Okt 2018 14:10 WIB
Ilustrasi (dok.detikcom)
Aceh - Seorang napi koruptor di Aceh Barat Daya, Aceh, Safrial, masih menerima gaji PNS meski dia mendekam dibalik jeruji besi. Safrial divonis Mahkamah Agung (MA) enam tahun penjara karena korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes).

Dalam kasus korupsi dengan anggaran bersumber dana dari Anggaran Pendapat Belanja Aceh (APBA) pada tahun 2013, Safrial menjabat sebagai PPK pada Rumah Sakit Umum (RSU) Teuku Peukan, Aceh Barat Daya. Selain Safrial, terpidana lain dalam kasus tersebut yaitu Ramli Bahar yang menjabat sebagai mantan Plt RSU dan mantan Sekda.

Keduanya kemudian divonis masing-masing enam tahun penjara dan denda Rp 200 juta di tingkat kasasi. Pasca adanya putusan tersebut, Safrial kemudian dijebloskan ke penjara pada November 2017 lalu. Selama menjadi narapidana, Safrial ternyata masih menerima gaji dan dia belum dipecat dari PNS.

"Selama ini beliau sudah diberhentikan dari jabatan negeri. Tinggal pemberhentian dari PNS. SK sudah seminggu lalu selesai tinggal tanda tangan bupati, tapi beliau (bupati) di luar daerah," kata Kepala BKPSDM Abdya, Cut Hasnah Nur, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (23/10/2018).

Pemkab Aceh Barat Daya juga sudah melakukan koordinasi dengan Kejari Abdya sehingga dibuat SK pemecatan seminggu lalu. Sedangkan pemberhentian dari jabatan sudah dilakukan sejak adanya putusan inkrah. Selain itu, Safrial sekarang juga masih menerima setengah gaji dari pemerintah.

"Hanya diberikan 50 persen dari gaji pokok," jelasnya.

Menurutnya, setelah ada kasus tersebut terpidana Safrial meminta dirinya tidak dipecat sehingga ada putusan dari Mahkamah Agung terkait Peninjauan Kembali (PK) yang diajukannya.

"Tapi hasil konsultasi dengan BKN Pusat, dengan Direktur Wasdal, kita tidak menunggu hasil PK dari MA. Tapi langsung diberhentikan," ungkap Hasnah.


Saksikan juga video 'PNS Korup Masih Terima Gaji, MPR: Harusnya Sudah Dipecat':

[Gambas:Video 20detik]

(agse/asp)