DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 23:03 WIB

Dana Kelurahan Disebut Udang di Balik Batu, Tim Jokowi: Asal Kritik!

Ray Jordan - detikNews
Dana Kelurahan Disebut Udang di Balik Batu, Tim Jokowi: Asal Kritik! Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto (Zunita/detikcom)
Jakarta - Kebijakan Dana Kelurahan yang akan dikeluarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019 dinilai sebagai strategi politik. Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, mengatakan penilaian yang disampaikan tersebut asal kritik.

"Kalau ada yang nyinyir dengan rencana kebijakan itu, menuding ada udang di balik batu, mengkritik sebagai kebijakan politis menjelang pilpres, itu sama saja politik asal serang dan asal kritik," kata Hasto kepada detikcom, Senin (22/10/2018).


Sekjen PDIP ini menilai pihak yang menganggap kebijakan Dana Kelurahan itu sarat kepentingan politik sedang menunjukkan kualitas kepemimpinan dan keberpihakan politiknya sendiri.

"Yang menjadikan rencana kebijakan itu sebagai serangan politik menunjukkan bagaimana kualitas kepemimpinannya serta ketidakjelasan keberpihakan politiknya," katanya.

Hasto mengatakan keberpihakan politik Jokowi sebagai capres yang dia usung jelas. Jokowi, menurutnya, selalu menyerap aspirasi dari masyarakat dan mengaplikasikannya, salah satunya yakni soal kebijakan Dana Kelurahan.


"Kalau Pak Jokowi kan jelas keberpihakannya. Ketika ada usulan atau aspirasi dari kelurahan yang disampaikan melalui Apeksi, Presiden Jokowi meresponsnya dengan solusi. Itulah pemimpin yang sebenarnya," kata Hasto.

Sebelumnya, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menyinggung soal program Dana Kelurahan yang akan diluncurkan di tahun coblosan ini. Dia menilai bisa saja ada 'udang di balik batu' terkait peluncuran program tersebut.


"Apa saja program, kalau niatnya untuk membantu masyarakat, terlepas timing-nya kapan, itu harus diapresiasi," kata Sandiaga di Jalan Jenggala II Nomor 9, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (21/10/2018).

"Tapi kalau misalnya di tahun politik, di 2019 ini, pasti masyarakat bisa menilai sendiri, apakah ini ada udang di balik batu atau apakah ini sebuah program yang memang dicanangkan sebelumnya," sambungnya.
(jor/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed