DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 17:15 WIB

Menerka Strategi PKS Fokus Optimalkan Kampanye Sandiaga

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Menerka Strategi PKS Fokus Optimalkan Kampanye Sandiaga Foto: Cawapres Sandiaga Uno di Mojokerto. (Enggran Eko Budianto-detikcom)
Jakarta - PKS akan mengoptimalkan kampanye cawapres Sandiaga Uno. Apa sebenarnya strategi PKS di balik keputusan itu?

"Saya pikir ini bisa dibaca sebagai langkah PKS menyelamatkan dirinya sendiri. PKS berpikir saatnya menyelamatkan partainya ketimbang hanya fokus di pilpres," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei Median, Rico Marbun, Senin (22/10/2018).


Menurut Rico, banyak lembaga survei menunjukkan hanya 2 partai yang mendapatkan manfaat besar secara elektoral dari pilpres, yaitu PDIP dan Partai Gerindra. Faktor capres disebutnya sangat berpengaruh.

"Angka PDIP mendekati 30%, PDIP dan Gerindra, Gerindra mendekati 20%. Ini karena kuatnya Asosiasi Jokowi ke PDIP dan Prabowo ke Gerindra," ucap Rico.

Dengan fokus di Sandiaga, Rico mengatakan ada pesan yang ingin disampaikan PKS ke publik, termasuk ke Prabowo.

"Prabowo menang atau kalah di pilpres, Gerindra sudah menang besar di pileg," nilai Rico.


Lantas, kata Rico, bagaimana dengan nasib PKS jika Gerindra menang besar di pilpres? Rekam jejak Sandiaga sebagai pengusaha sukses disebutnya tentu menarik buat partai.

Bagi Rico, bila Sandiaga mau bersinergi dan mengeluarkan sumber daya bersama PKS, setidaknya tentu ada benefit yang bisa dimanfaatkan.

"Gejala ini sebenarnya bisa menghinggapi semua partai pendukung Jokowi atau Prabowo, kecuali PDIP dan Gerindra. Hanya PKS-lah sepertinya yang berani memulai duluan, sementara partai lain terancam gigit jari karena jika berlangsung terus, ini 2019 menuju dwitunggal partai, PDIP dan Gerindra akan menang besar," jelas dia.

"Langkah PKS dengan surat ini bisa dibaca ada semangat baru: lupakan pilpres, lebih baik urus pileg saja," terka Rico.


Saksikan juga video 'Djoko Santoso Siap Kerja Militan demi Prabowo-Sandi':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed