DetikNews
Senin 22 Oktober 2018, 05:10 WIB

Jadi Tersangka, Ahmad Dhani Tak Bisa ke Mancanegara

Faiq Hidayat, Danu Damarjati, Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jadi Tersangka, Ahmad Dhani Tak Bisa ke Mancanegara Foto ilustrasi: Ahmad Dhani berpeci hitam (Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta - Musisi sekaligus aktivis politik Ahmad Dhani kini dicegah ke luar negeri. Maka Dhani tak bisa ke mancanegara, lebih tepatnya ke Yerusalem sebagaimana yang dikatakan Dhani sendiri.

Awalnya kabar dicegahnya Dhani ini tersiar dari Markas Besar Polri. Suratnya sudah dikirim ke Kepala Kantor Wilayah Imigrasi Surabaya.

"Diajukan surat permohonan dari Polda (Jatim) ke Kanwil Imigrasi Surabaya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, kepada detikcom, Minggu (21/10/2018).


Sebelumnya, Dhani ditetapkan sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik. Ujaran Dhani di Facebook dari lokasi Hotel Majapahit Surabaya pada 29 Agustus 2018 adalah awal kasus ini. Dhani menyebut orang-orang yang menghadanya dengan kata 'idiot'.

Pencegahan ini dilakukan karena polisi ingin kelancaran dalam proses penyidikan. Dhani pernah tak memenuhi panggilan Polda Jawa Timur, pada Kamis (18/10) kemarin. Surat pencekalan untuk Dhani sudah ada sejak Jumat (19/10) kemarin.


"Karena saat dipanggil sebagai tersangka tidak datang, kemudian tidak ada batas waktunya penundaan waktunya itu kapan, kemudian kita sudah menetapkan dia sebagai tersangka. Agar lebih kooperatif," kata Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera, Minggu (21/10/2018).

Dhani menanggapi pencegahan dirinya ke luar negeri dengan penilaian terhadap polisi. "Bagus," kata Dhani. "Semakin kelihatan polisi nafsu banget sama yang anti-Jokowi."

Ternyata Dhani memang sering bepergian ke luar negeri, yakni ke Yerusalem. Dia punya bisnis biro perjalanan daring.


"Saya punya bisnis online travel agent tiap dua bulan ke Yerusalem. Tiap dua bulan ke Yerusalem," kata Dhani.

Musisi kondang dari kelompok Dewa 19 ini juga menyatakan dirinya merupakan ikon Kota Suci Tiga Agama itu. "Saya ikon Yerusalem," kata Dhani. Maka dengan pencegahan ke luar negeri itu, Dhani tak bisa pergi ke Yerusalem.



Tonton juga 'Dicekal ke Luar Negeri, Begini Kata Ahmad Dhani':

[Gambas:Video 20detik]




(dnu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed